Video  

Menteri Kominfo: Kunci Utama Transformasi Digital adalah Sumber Daya Manusianya

menteri-kominfo:-kunci-utama-transformasi-digital-adalah-sumber-daya-manusianya

JAKARTA-KEMPALAN: Era digitalisasi mengharuskan masyarakat untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba dinamis. Untuk menggapai transformasi digital yang berhubungan dengan kemajuan negara, maka sumber daya menusianya harus memiliki kompetensi yang baik untuk bersiap diri berkompetisi secara internasional.

“Kunci utama dalam transformasi digital adalah sumber daya manusianya. Untuk itu perlu ditanamkan pengetahuan digital, skill digital, keamanan digital, beraktivitas dengan berbudaya dan beretika di ruang digital,” ucap Johnny G. Plate selaku Menteri Kominfo, pada Kamis (16/9).

Dalam pertemuan World Economic Forum (WEF) Global Coalition on Digital Safety Inaugural Meeting 2021 yang diadakan secara daring, Johnny sebagai representasi Indonesia banyak menyinggung perihal peranan sumber daya manusia dalam kemajuan bangsa.

Politisi Partai Nasdem ini menungkapkan jika pembangunan sumber daya manusia di sektor TIK harus dimasifkan. Sebab, internet sebagai produk digital harus dimanfaatkan secara maksimal serta mereduksi dampak negatif yang menyertainya.

“Sehingga mendesak Indonesia mereformulasi skenario pemetaan keterampilan sumber daya manusia. Secara khusus SDM yang dibutuhkan sebagai human capital dalam mendorong produktivitas ekonomi, mendorong aktivitas masyarakat lainnya, menyiapkan kecakapan soft skills 4C, yakni; Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication yang saat ini dibutuhkan,” terang Johnny G. Plate, dikutip dari situs resmi Kominfo.

Di lain sisi, Bonie Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika mengafirmasi ungkapan yang dijelaskan secara komperehensif oleh Menteri Kominfo. Ia menambahkan kompetensi masyarakat terhadap digitalisasi sangat penting, agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton saja dan dapat proaktif dalam berpartisipasi di dalam pembangunan digital tersebut.

Oleh karenanya, Bonie melihat bahwa program literasi digital dari Kementerian Kominfo adalah sarana untuk mengajarkan terkait budaya, beretika di platform digital, serta sosialisasi mengenai hal-hal yang fundamental terkait dengan digitalisasi. (Rafi Aufa Mawardi)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.