Video  

“Sendok” jadi Simbol Perlawanan Palestina

“sendok”-jadi-simbol-perlawanan-palestina

Gaza-Kempalan: Sendok, sebuah logam yang biasa kita gunakan sebagai alat bantu tiap hari ternyata memiliki makna lebih di Palestina. Sendok digunakan sebagai simbol perlawanan Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Sendok yang ada diletakkan diantara di bendera Palestina yang berfungsi sebagai simbol perlawanan Palestina. Semuanya bermulai ketika beberapa tahanan Palestina berhasil membobol keluar dari salah satu penjara paling tenar dan ketat di Israel.

Cerita bermula ketika enam militan Palestina berhasil meloloskan dirinya dari penjara Gilboa melalui sebuah lubang yang terhubung dengan luar penjara dengan sebuah sendok. Salah satu pengacara dari orang yang lolos mengatakan bahwa mereka menggunakan sendok, piring dan bahkan teko untuk menggali lubang untuk dapat keluar dari penjara.

Pada awalnya, tidak dijelaskan mengenai kepastian berita ini. Tidak ada yang tahu kebenaran berita ini atau hanya sekedar cerita yang dibuat-buat. Namun, pada saat ini terdapat hashtag Miracle Spoon untuk mempopulerkan cerita tersebut.

Keenam militan yang lolos tersebut kemudian dikenai pasal “Rencana Penyerangan terhadap Israel”, namun di sisi lain, pihak Palestina menyatakan “Kemenangan”.

Salah satu pembuat kartun asal Palestina yaitu Mohamed Sabaneh mengatakan bahwa adanya upaya kabur tersebut telah dan akan menjadi salah satu “Lelucon” yang akan mempermalukan Israel dengan sistem keamanannya yang sangat rapuh.

Selain di Palestina, cerita tersebut juga tersebar ke beberepa tempat misalnya Kuwait ketika salah satu seniman Maitham Abdal menangkat sendok dengan mengatakan “The Spoon of Freedom”.

Beberapa pihak juga mengatakan bahwa cerita sendok tersebut akan menjadi sejarah turun temurun nantinya.

(NationWorld, Muhamad Nurilham)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.