Video  

Pemimpin Tanpa Kepekaan Krisis

pemimpin-tanpa-kepekaan-krisis

Oleh : Ahmad Sastra

Ketua Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa, tinggal di Bogor

KEMPALAN: Pemimpin negara adalah orang yang diberikan amanah untuk mengurus urusan umat atau rakyat yang dipimpinnya. Dalam hal menjaga jiwa rakyat, Umar bin Khathab ketika menjabat sebagai khalifah berkata, “demi Allah jika ada seekor keledai jatuh terperosok dari negeri Irak aku khawatir keledai itu akan menuntut hisab aku di hari kiamat.” Waktu itu Umar bin Khathab tinggal di Madinah, sedang lubangnya di Irak.

Umar Bin Khathab adalah salah satu legenda pemimpin terbesar dalam sejarah keemasan peradaban Islam. Umar menjadi khalifah kedua menggantikan khalifah pertama Abu Bakar Ash Shiddiq. Ucapan diatas menunjukkan kepekaan yang sangat tinggi terhadap nasib yang dipimpinnya. Bukan hanya kepada rakyat, bahkan kepada hewan sekalipun, Umar begitu peduli akan keselamatannya. Inilah contoh pemimpin cerdas, bertanggungjawab sekaligus punya kepekaan tinggi atas krisis yang dialami rakyatnya.

Kepemimpinan Islam itu istimewa, karena berorientasi kepada keselamatan dunia akhirat, tidak seperti pemimpin yang lahir dari rahim demokrasi yang sekuleristik, hanya berorientasi kepada duniawi semata. Akibatnya pemimpin sekuler tidak punya kepekaan dan tanggungjawab kepada rakyatnya, karena menganggap kepemimpinan adalah cara untuk memperkaya diri semata, tidak peduli kepada pertanggungjawaban di akhirat.

Next: Dalam Islam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.