Video  

Tiga Menit Konferensi Pers, Isinya Cuma Curhat Koeman

tiga-menit-konferensi-pers,-isinya-cuma-curhat-koeman

BARCELONA-KEMPALAN: Posisi entrenador FC Barcelona Ronald Koeman benar-benar di ujung tanduk. Bahkan, hanya untuk menjalani konferensi pers jelang pertandingan menghadapi Cadiz CF (24/9) saja, Koeman enggan berkata-kata.

Wartawan yang sudah datang dalam sesi konferensi pers itu hanya tiga menit mendengar paparan Koeman. Bukan lagi penjelasan tentang kondisi terakhir anak asuhnya sebelum tanding melawan Cadiz di Estadio Nuevo Mirandilla, Cadiz, seperti lazimnya pre match conference.

Konferensi pers singkat tanpa tanya jawab itu bahkan tak ubahnya arena curhat Koeman. Curhat tentang tekanan mundur yang makin kencang datang kepada dirinya setelah tak sekalipun mencatat kemenangan dalam dua laga beruntun di Camp Nou, kandangnya.

Ekspresi pelatih FC Barcelona Ronald Koeman setelah timnya dikalahkan Cadiz CF 1-2 di Estadio Nuevo Mirandilla, Cadiz, musim lalu. Kekalahan lagi musim ini bisa semakin menyudutkan posisi Koeman. (foto: Diario AS)

Mulai dari dibantai Bayern Muenchen tiga gol tanpa balas (15/9) dan tertahan 1-1 lawan Granada CF (21/9). ’’Klub masih bersamaku sebagai pelatih, ketika kami berada dalam situasi membangun kembali klub ini. Situasi finansial klub saat ini sangat terkait dengan performa kami di lapangan. Begitu pula sebaliknya,’’ ucap Koeman membacakan secarik kertas di tangannya.

Finansial Barca goyah dalam setahun terakhir. Kepergian Lionel Messi dari sana setelah lebih dari dua dekade bersama juga imbas dari kondisi keuangan klub. ’’Kami sebagai tim harus membangun kembali tim ini tanpa bisa melakukan investasi yang besar,’’ sambungnya.

Lalu, apa solusi dari Tintin (julukan Koeman). Bersabarlah. ’’Semua butuh waktu. Bakat muda hari ini akan jadi bintang dunia yang baru beberapa tahun lagi. Hal bagus dari membangun tim ini lagi adalah, akan banyak pemain muda yang mendapat kesempatan seperti dulu ada Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Tapi, sabar,’’ kilah mantan tacticus timnas Belanda itu.

Dia lebih suka melihat situasi buruk yang melanda klub berjuluk La Blaugrana saat ini dari perspektif berbeda. ’’Proses staf dan tim kami menemukan diri kami, ini layak mendapatkan dukungan tanpa syarat dalam ucapan atau perbuatan. Dukung kami, dan proses yang telah kami lakukan. Saya tahu pers mengakui proses ini,’’ pintanya.

Dia pun ingin Barca tetap mendapatkan dukungan dari fansnya ketika bertanding. Sebab itu yang menurutnya akan membesarkan motivasi Sergio Busquets dkk. ’’Kunjungi Barca, dan terima kasih sudah datang,’’ tutup Koeman, lalu ngeloyor pergi dari ruang konferensi pers. (Diario AS, Yunita Mega Pratiwi)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.