Video  

Erdogan: Taliban Kurang Kepemimpinan yang Inklusif

erdogan:-taliban-kurang-kepemimpinan-yang-inklusif

Ankara-Kempalan: Presiden Turki, Erdogan berkata bahwa pihaknya siap untuk bekerja sama dengan Afghanistan yang berada di bawah Taliban jika pihaknya lebih “Inklusif” dan “Belas kasih”.

Meskipun Turki telah menunjukkan tindakan yang sedikit setuju terhadap keberadaan Taliban yang menjadi pemimpin Afghanistan, beberapa kali juga Turki mengingatkan bahwa akan lebih baik jika Taliban memiliki pemerintahan yang inklusif serta dapat mewakili semua kepentingan yang ada.

Turki telah menerima Taliban secara baik, namun pihaknya akan terus mengevaluasi serta melakukan pengakuan yang tidak sepenuhnya jika Taliban masih tidak berubah dan melawan dari janjinya yaitu membuat pemerintahan yang inklusif.

“Sejauh memandang tindakan Taliban pada saat ini, sayangnya belum ada ketertampakkan kepemimpinan yang inklusif dan belas kasihan” ucap Erdogan dalam Sidang Majelis Umum PBB.

“Pada saat ini, terdapat tanda-tanda bahwa akan ada perubahan yang akan memberikan atmosfer keadaan yang lebih inklusif dalam kepemimpinan Taliban. Kami memang belum dapat melihatnya, namun ketika langkah tersebut diambil, maka kami akan dengan siap bekerja sama dan berdiskusi untuk menentukan apa yang kita bisa lakukan bersama sebagai kedua negara yang normal” ucap tambahnya.

Perkataan Erdogan muncul setelah Dubes Turki untuk Kabul bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taliban yang mengatakan bahwa pihak Turki akan terus membantu Afghanistan membangun kembali hubungan sejarah yang sudah ada.

Turki juga sejauh ini telah bekerja sama dengan Qatar untuk berupaya kembali membuka bandara internasional Kabul untuk dapat beroperasi sepenuhnya pasca Taliban berkuasa.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.