Video  

Luhut (Lagi)

luhut-(lagi)

KEMPALAN: Old soldier never die, just fade away. Prajurit tua tidak pernah mati, tapi hanya menghilang. Ungkapan terkenal itu menggambarkan bahwa seorang prajurit sejati akan tetap menjadi prajurit, sampai akhir hayatnya. Bahkan, ketika akhirnya meninggal, dia meninggal sebagai prajurit.

Ungkapan itu menjadi salah satu yang paling terkenal di dunia militer, dan sampai sekarang masih selalu dikutip. Jenderal Douglas MacArthur (1880-1964) yang kali pertama memperkenalkan ungkapan itu. MacArthur adalah jenderal bintang lima, pahlawan Amerika, yang menjadi jagoan semasa Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

MacArthur memimpin pasukan Amerika bersama Sekutu di Asia. Ia mengabdi kepada dua presiden hebat Amerika, Franklin Delano Roosevelt dan kemudian Harry S. Truman. MacArthur menjadi bintang dalam perang di wilayah Pasifik, yang terkenal dengan sebutan ‘’Pacific Theater’’.

Setelah perang selesai MacArthur kembali ke Amerika dan memegang jabatan-jabatan strategis, termasuk posisi tertinggi sebagai komandan pasukan perang Amerika. MacArthur juga pernah memimpin Akademi West Point, akademi militer terbaik di dunia. MacArthur pensiun sebagai orang sipil, dan meninggal pada 1964 dalam usia 84 tahun.

Ungkapan MacArthur itu juga sangat sering dikutip jenderal-jenderal Indonesia. Prabowo Subianto–jenderal yang sangat sadar dan hafal sejarah—paling sering mengutip frasa itu. Prabowo juga sering mengutip sejarawan Yunani, Thusidides, dan ahli-ahli strategi perang seperti Sun Tzu dan Clausewitz.

Tapi, Prabowo tidak sama dengan MacArthur yang memilih pensiun sebagai orang sipil yang tidak berbisnis dan tidak mengejar karir politik. Prabowo, seperti banyak jenderal lain Indonesia, punya bisnis besar sampai menggurita ke luar negeri. Prabowo lalu mendirikan partai politik dan menjadi calon presiden. Sekarang Prabowo menjadi menteri dan bersiap-siap terjun lagi di Pilpres 2024.

Jenderal-jenderal di Indonesia pasti banyak yang pensiun dengan tenang sebagai orang sipil. Tapi, banyak juga yang terjun ke bisnis sampai menjadi kaya raya. Ada pula yang terjun ke dunia politik, menjadi ketua partai atau menteri. Bahkan, banyak juga yang merangkap menjadi pebisnis dan pelaku politik.

Karena itu, ungkapan MacArthur sering diplesetkan di Indonesia, “Old soldier never die just doing business“, Tentara tua tidak pernah mati, mereka berbisnis. Tentu, tidak ada yang salah dengan berbisnis. Siapa pun punya hak untuk berbisnis. Demikian pula, setiap warga negara punya hak yang sama untuk berpolitik dan menjadi penguasa melalui jalur politik.

Next: Persoalan akan timbul jika…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.