Video  

Pemilu 2024, Perlukah Ganjar Didukung Partai Lain?

pemilu-2024,-perlukah-ganjar-didukung-partai-lain?

SEMARANG-KEMPALAN: Pemilu 2024 sudah berada di depan mata, meskipun pandemi belum usai, tanah air disibukkan dengan para capres dan cawapres yang akan diusung pada pemilu selanjutnya.

Salah satunya ialah Ganjar Pranowo, Bupati Jawa Tengah ini digadang-gadang akan menjadi pesaing yang kuat pada pemilu 2024 mendatang. Namun, para pakar politik menyebutkan bahwa Ganjar masih perlu mendapatkan dukungan dari parpol lainnya.

Mengutip dari situs Tagar.id, Pakar Politik dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati mengungkapkan selain dukungan dari relawan sahabat Ganjar, Ganjar Pranowo perlu mencari dukungan dari elit politik partai agar bisa maju dalam calon Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya pikir bagi relawan Ganjar, entah pemilih diaspora ataupun dalam negeri, kalau memang mau mendukungnya, ada baiknya mereka juga mendekati elit politik lain. Entah sebagai bagian endorser ataupun pendukung dibalik layar,” kata Wasisto dalam wawancara di kanal YouTube Tagar TV, Selasa, 21 September 2021.

Dukungan dari elit politik partai lain ini sangat penting, mengingat bahwa Indonesia menganut sistem politik presidential threshold yang mana dapat memperkecil kemungkinan Ganjar untuk menjadi capres jika hanya mengandalkan dukungan dari para relawannya saja.

Sebelumnya, diketahui bahwa Ganjar telah mendapat deklarasi dukungan pada Minggu, 19 September 2021 dari para Relawan Sahabat Ganjar yang dilakukan di 17 negara diantaranya Perancis, UEA, Spanyol, Hongkong, Jepang, Macau, Taiwan, Singapura, Inggris, Belanda, Italia, Malaysia, Arab Saudi, Selandia Baru, Austria, USA, dan Australia.

Karena hal ini, Relawan Sahabat Ganjar dianggap tidak sabaran mengingat belum ada pernyataan resmi dari PDIP untuk mendukung gubernur tersebut maju ke Pilpres 2024.

Menanggapi hal ini, Wasisto menganggapnya sebagai bagian dari Jokowi Effect. “Proses kandidat seorang pemimpin itu dimulai dari akar rumput, disini kan kita melihat adanya semacam personifikasi politik yang ada di benak Ganjar di mata kubu pendukungnya,” ujarnya. (Tagar.id, Akbar Danis)

Editor: Reza Maulana Hikam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.