Otsus Berdampak Positif Bagi Rakyat Papua

Otsus Berdampak Positif Bagi Rakyat Papua

Oleh : Janet Theresia

Otonomi khusus (Otsus) adalah hadiah spesial untuk rakyat Papua, karena mereka mendapatkan kucuran dana untuk membangun daerahnya. Selama Otsus jilid 1, banyak sekali dampak positif bagi masyarakat di Bumi Cendrawasih, sehingga mereka juga menyetujui perpanjangan Otsus.

Papua memiliki potensi yang sangat besar karena memiliki kekayaan alam dan hasil tambang. Potensi ini sebaiknya didukung oleh infrastruktur dan fasilitas yang memadai, agar bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi seluruh rakyat Papua. Untuk memajukan dan menambah pembangunan di Bumi Cendrawasih, maka ada program Otsus yang dimulai sejak tahun 2001.

Tahun 2021 Otsus memasuki periode kedua dan semua warga di Papua menyetujuinya. Mereka telah merasakan manfaatnya, karena dana Otsus memang diperuntukkan bagi rakyat. Sehingga kehidupan makin membaik, berkat adanya infrastruktur berupa jalan raya yang representatif, seperti jalan trans Papua. Ketika transportasi lancar maka perekonomian juga lancar.
Tokoh masyarakat Distrik Karubaga Kabupaten Tolikara, Karmin Yikwa menyatakan bahwa kehadiran Otsus sangat membantu masyarakat, khususnya di Tolikara. Ia juga optimis kehadiran Otsus membawa dampak positif bagi orang asli Papua (OAP). Terutama di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan, dan ekonomi, sehingga OAP makin maju.
Salah satu poin penting dalam Otsus adalah prioritas bagi OAP. Mereka lebih dipilih dalam pemercepatan pembangunan, dan ketika ada proyek maka yang dipekerjakan adalah masyarakat Papua. Prioritas ini penting karena OAP diberi kesempatan untuk membangun daerahnya sendiri, sehingga makin mencintai wilayah dan negaranya.
OAP juga wajib dipilih, dalam artian ketika ada pemilihan gubernur, wagub, walikota, bupati, dan wakilnya, maka wajib diisi oleh orang Papua. Warga di Bumi Cendrawasih diberi kesempatan untuk memimpin daerahnya sendiri, berkat adanya Otsus. Mereka jadi paham bagaimana seni memimpin dan ingin menjadi pejabat bukan karena harta, melainkan karena ingin memajukan wilayahnya.
Otsus juga sangat berguna di bidang pendidikan, karena ada beasiswa bagi anak-anak Papua yang berprestasi. Orang tua mereka tenang karena SPP dan biaya sekolah ditanggung oleh dana Otsus, sehingga putra dan putri bisa menuntut ilmu hingga SMA. Bahkan bagi yang berotak encer juga bisa kuliah dengan beasiswa Otsus, dan bisa memilih mau di kampus di Papua atau Jawa, dan luar negeri.
Selain bermanfaat untuk bidang pendidikan, Otsus juga berguna untuk bidang kesehatan. Terutama di pelosok Papua yang masih menghadapi endemi malaria dan penyakit-penyakit lain. Makin banyak Puskesmas dan fasilitas kesehatan lain yang dibangun, sehingga makin dekat pula untuk berobat. Faskes juga lengkap dengan nakes, obat-obatan, dan alat kesehatan yang reprsentatif.
Untuk bidang pembangunan maka sudah banyak sekali bukti yang ada di Papua, misalnya Jembatan Youtefa yang dibuat dengan dana Otsus. Juga ada jalan trans Papua, bandara interansional sentani, dan bahkan pemugaran stadion Lukas Enembe juga menggunakan dana Otsus.
Dari bukti-bukti di atas maka tak terbantahkan, bahwa Otsus membawa banyak efek positif bagi rakyat Papua. Oleh karena itu mereka menyetujui perpanjangan Otsus tahun 2021, karena sangat bermanfaat bagi semua. Apalagi kucuran dana Otsus terus diperbesar, sehingga makin banyak yang bisa diberikan untuk masyarakat di Bumi Cendrawasih.
Otsus adalah bentuk cinta dan perhatian dari pemerintah untuk segenap rakyat Papua, karena Papua juga bagian dari Indonesia. Walau berada di Indonesia timur, tetapi masyarakat di Bumi Cendrawasih tidak boleh jadi kaum terbelakang. Mereka wajib mendapatkan pendidikan dan fasilitas agar terus maju, berkat kucuran dana Otsus.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.