Pemerintah Berupaya Mewujudkan Kemajuan di Papua

Pemerintah Berupaya Mewujudkan Kemajuan di Papua

Oleh : Timotius Gobay

Pemerintah terus berusaha mewujudkan berbagai kemajuan di Papua. Langkah tersebut merupakan bagian dari pembangunan berkeadilan demi merealisasikan kesejahteraan rakyat.

Papua adalah bagian dari Indonesia, sehingga Pemerintah optimal untuk membangun wilayah tersebut. Beberapa sektor tersebut adalah infrastruktur hingga fasilitas umum. Masyarakat di Bumi Cendrawasih pun tidak usah khawatir karena pemerintah akan terus memajukan Papua, agar mereka lebih modern dan memiliki taraf hidup yang lebih baik.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa kemajuan telah terhampar di seluruh Papua. Dibuktikan dengan selesainya sejumlah infrastruktur di sana. Di antaranya, Jembatan Youtefa yang diresmikan tahun 2019, Jalan Trans Papua, dll.
Presiden Jokowi melanjutkan, Jembatan Youtefa telah menjadi landmark di Kota Jayapura, sekaligus menjadi bukti kemajuan pembangunan Papua. Jembatan ini memiliki panjang 732 meter dan berwarna merah membara, menghubungkan antara Holtekam dan Hamadi di Jayapura Selatan. Selain menjadi penghubung, jembatan ini juga jadi salah satu objek wisata yang terkenal di Papua, karena kegagahannya.
Selain Jembatan Youtefa, bukti pembangunan di Papua yang lain adalah Jalan Trans Papua. Jalan sepanjang 4.600 meter ini menjadi terkenal karena diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi, bahkan beliau sendiri yang mengetes kekuatannya dengan menggunakan sepeda motor. Dengan adanya jalan ini maka mempermudah transportasi darat, sehingga masyarakat tidak tergantung pada pesawat terbang.
Presiden Jokowi juga telah meresmikan Kompleks Olahraga Papua Bangkit. Stadion Lukas Enembe yang ada di kompleks tersebut bahkan menjadi yang termegah di Indonesia timur. Selain digunakan untuk sepakbola, juga bisa dipakai latihan olahraga lain, misalnya atletik. Keindahan dan kemegahan stadion ini bahkan meraih 3 rekor MURI, suatu prestasi yang membanggakan.
Stadion Lukas Enembe memang awalnya digunakan untuk arena PON XX tetapi pasca PON juga bisa dipakai oleh masayarakat Papua. Sehingga fisik mereka jadi lebih sehat, karena di masa pandemi juga wajib menjaga kebugaran. Selain itu, tim Persipura Jayapura juga bisa menggunakannya saat bertanding, karena saat ini kondisi stadion Mandala Papua kurang representatif.
Bukti lain dari kemajuan di Papua adalah Bandara internasional Sentani. Bandara yang memiliki desain eksotik ini memudahkan turis mancanegara, karena mereka bisa langsugn mendarat dan melanjutkan perjalanan ke berbagai tempat wisata, misalnya ke Raja Ampat atau Puncak Jayawijaya.
Berbagai kemajuan di Papua sangat membuat rakyat senang karena mereka merasa diperhatikan oleh pemerintah. Baru kali ini ada presiden yang begitu concern pada kemajuan Papua, yakni bapak Jokowi. Bahkan beliau tercatat sebagai satu-satunya Presiden RI yang paling sering mengunjungi wilayah Bumi Cendrawasih.
Rakyat Papua sangat mencintai Presiden Jokowi, karena beliau perhatian dan mau blusukan saat berkunjung ke Bumi Cendrawasih. Saat meninjau PON XX dan berbagai kemajuan di Papua, Presiden mau berbaur dan makan jagung rebus. Beliau juga membeli noken di depan sebuah panti asuhan, dan memerintahkan untuk memborong noken sebagai suvenir bagi atlet PON XX, yang akan dikalungkan bagi para juara.
Kemajuan di Papua sudah terlihat dengan jelas, karena saat ini sudah banyak infrastruktur yang dibangun di sana. Mulai dari gedung, jembatan, bandara, sampai stadion berkelas internasional, semua terbangun berkat dana dari pemerintah pusat. Papua harus maju agar tidak ketinggalan dari provinsi lain, dan pemerintah benar-benar menjalankan prinsip keadilan.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.