Cerdas Alqur’an Tingkat SD dan SMP se Pasaman Wujudkan IMTAQ

Sebagai langkah kongkrit Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman dalam mewujudkan Program Iman dan Taqwa (IMTAQ) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), salah satunya melahirkan para penghafal Alq’uran.

“Alhamdulillah, sebagai daerah yang banyak melahirkan ulama besar seperti Tuanku Rao, bahkan juga pahlawan Nasional seperti tuanku Imam Bonjol, menjadi keharusan bagi kita  melanjutkan apa yang telah ditinggalkan pendahulu-pendahulu kita,” ujar Bupati Pasaman H. Benny Utama di sela pembukaan Program Cerdas Al Quran tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman, Sabtu 27 November 2021.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pendidikan alquran dilaksanakan secara konsisten dan terukur, nantinya akan mampu mempertahankan daerah ini terus melahirkan hafiz, qori dan qoriah. Hal tersebut terlihat dari hasil pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Sumatara Barat ke- 39 di kota Padang Panjang beberapa waktu lalu.

“Pasaman melalui program keagamaan yang kuat, menjadikan daerah ini tampil meraih prestasi peringkat ke -4 dari 19 Kabupaten Kota yang ikut berlaga dalam ajang MTQ tersebut,” ungkapnya.

“Tampil sebagai peringkat empat merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, karena akan memotivasi kami untuk terus membumikan Alqur’an di Pasaman.

Sedangkan Ajang Cerdas quran Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasaman yang digelar kali ini, tentunya sangat selaras dengan program IMTAQ yang telah kita tuangkan dalam RPJMD daerah,” tegas Benny Utama.

Sementara itu, Wakil Bupati Sabar AS yang ikut hadir dalam lomba Cerdas Al Quran, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pasaman ini ikut mengapresiasi program tersebut.

Menurutnya, keberhasilan sebuah daerah tidak saja dilihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur saja akan tetapi seberapa besar lahirnya Sumber Daya Manusia berkualitas yang dilahirkan daerah.

“Sekarang kita sedang gencar menciptakan hafiz-hafiz di setiap tingkatan sekolah, jorong dan negari di Pasaman, Kita akan terus menggerakkan program seribu hafiz sebagai wujut kecintaan kita terhadap alqur’an,” ujar Sabar AS.

Lebih Lanjut Sabar AS berharap agar ajang ini bisa membangun mental yang kuat dan menumbuhkan kreatifitas  generasi Pasaman mendatang.

“Lomba Cerdas Qur’an ini tentunya akan menjadikan ruang bagi anak-anak kita menjadi sosok yang berani dan kreatif. Mereka yang biasanya hanya hebat didepan kelas, nantinya akan lebih baik, karena tampil didepan disaksikan banyak orang,” terang Sabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.