Lihat, Bambang Haryo Desak Segera Tetapkan Erupsi Semeru Berstatus Bencana Nasional

Lumajang – Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono, Senin (6/12) turun menyalurkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kecamatan Candipuro Desa Penanggal, Kabupaten Lumajang, Jatim.

Penyaluran bantuan ini, sebagai wujud keprihatinan BHS sapaan akrab Bambang Haryo Soekartono terhadap para warga di wilayah terdampak. Anggota DPR-RI periode 2014-2019 ini, juga mengajak Holding Perusahaan PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang turut memberikan bantuan kepada para warga.

“Menghaturkan keprihatinan dan duka cita mendalam, atas meletusnya Gunung Semeru. Kemudian, bagi para korban meninggal bisa husnul khatimah, dan sekarang masih di rumah sakit bisa segera di pulihkan dan disembuhkan”Kata BHS.

Dalam kesempatan itu, BHS turut didampingi DPC Partai Gerindra Lumajang serta DPC Partai Gerindra Surabaya. Sejumlah bantuan yang disalurkan, yakni berupa sembako berisi beras 3 kilogram sebanyak 300 karung, telur 140 kilogram, mie instan 30 kardus, susu kaleng 100 kardus dan jajan kering, dan obat-obatan untuk warga terdampak. Termasuk perlengkapan untuk tidur, matras, selimut, pakaian dan lain sebagainya.

Ditambahkan BHS, Bantuan untuk makan dan kebutuhan pokok harus terpenuhi, tidak hanya Pemerintah daerah. Namun, kata dia, Pemerintah pusat harus segera menetapkan erupsi Gunung Semeru berstatus sebagai bencana Nasional.

‚ÄúPemerintah pusat wajib segera melakukan bantuan secepatnya, termasuk pembangunan Huntara atau Hunian Sementara, ini segera dibangun ada sekitar 3 desa dari satu kecamatan yang megalami kerusakan total. Dengan asumsi 3 desa sekitar 500 Kepala Keluarga, artinya sekitar 2.000 Huntara segera dibangun, sambil pemerintah pusat mempercepat hunian tetap”Kata BHS.

Seperti Merapi, dengan cepat Pemerintah Pusat pada saat itu, mengambil alih statusnya menjadi Bencana Nasional, tidak sampai satu bulan Huntara terbangun, dan hunian  tetap, tidak sampai satu tahun sudah selesai dibangun, ini yang diharapkan, sama seperti Pemerintahan terdahulu. Pemerintah yang sekarang ini, bisa mempercepat proses pemulihan kesulitan para warga.

“Insya Alllah Pak Presiden Jokowi segera menanggapi ini, dan Pak Jokowi bisa hadir di tengah masyarakat disini”Tutup BHS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.