Nyoman Parta: Pendampingan UMKM Sangat Penting

Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta saat memberikan sambutan dalam acara Training of Trainer (TOT) Pendamping untuk pendampingan UMKM di Hotel Vasini, Rabu (22/12/2021). (Foto: Ist)

Denpasar – Anggota DPR RI Komisi VI, I Nyoman Parta berkolaborasi dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Pendamping untuk Pendampingan UMKM di Hotel Vasini, Rabu (22/12/2021).

Nyoman Parta menilai pendampingan UMKM sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pembinaan yang lebih komprehansif serta berkesinambungan bagi pelaku UMKM.

“Tidak mudah belajar menjadi pengusaha, disamping niat yang kuat, memilih bahan baku produk dan pengemasan juga penting, perijinan serta pembukuan juga sangat diperlukan hal inilah yang menyababkan kita membuat TOT ini,” ungkap Parta dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (23/12).

Acara itu diikuti oleh 40 orang yang merupakan para pelaku UMKM sekaligus disiapkan sebagai trainer atau pendamping.

Menurutnya Parta, peserta TOT nantinya akan memiliki ketrampilan teknis sebagai seorang pendamping untuk membina UMKM. Begitu juga terhadap pelaku UMKM, akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan hingga menjadi mandiri, serta produk UMKM nya akan mendapatkan SNI.

“Bagi masyarakat luas yang ingin menjadi pelaku UMKM atau baru pemula. Bisa memanfaatkan 40 orang pendamping yang telah di TOT ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Deputi bidang Akreditasi BSN Dony Purnomo menyampaikan peserta TOT ini akan diberikan penjelasan terkait produk dengan SNI dan bagaimana UMKM mampu menjadi seorang trainer.

Ia berharap Peserta dapat mengikuti pelatihan itu dengan sungguh-sungguh, mengingat pelatihan itu sangat penting bagi UMKM untuk bisa bangkit bersama memulihkan perekonomian.

“Terima kasih atas keseriusan bapak ibu sekalian dalam acara ini, kerelaan untuk maju bersama sama, supaya ekonomi kita segera pulih bahkan bisa melonjak juga,” ungkapnya

“Menjadi trainer juga butuh kerelaan, jadi saya sangat apresiasi semangat bapak ibu sekalian. Silahkan manfaatkan kesempatan ini, ada fasilitator yang siap memberikan informasi dan semoga ini bisa berkesinambungan,” tambahnya.

Pihaknya juga mengapresiasi program ini sebagai bentuk kolaborasi dengan Nyoman Parta yang selama ini sangat dekat dengan pelaku UMKM di Bali.

Sementara itu salah satu peserta TOT, Agus Yogi mengucapkan terima kasih kepada Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta dan BSN karena telah menyelenggarakan pelatihan itu.

“Nyoman Parta dan tim, terima kasih sudah memberikan kami sebagai UKM Bali bisa disatukan dan dibukakan akses sehingga punya peluang naik kelas, dan semoga kedepan acara seperti ini terus ada dan berkesinambungan agar lebih mantap, dan saya bersedia jadi pendamping” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.