Satresnarkoba Polres Gayo Lues Amankan TSK Narkoba

Personel Satresnarkoba Polres Gayo Lues berhasil mengamankan seorang tersangka narkoba jenis ganja berinisial IA umur 22 tahun, pada tanggal 07 Desember 2021.

Adapun kronologis penangkapan tersebut, yakni Pada hari selasa tanggal 07 Desember 2021 sekira pukul 01.00 wib, Anggota Satresnarkoba Polres Gayo Lues mendapat informasi bahwa akan ada melintas 1 (satu) buah mobil yang membawa/mengangkut narkotika jenis ganja melalui jalan Blangkejeren -Takengon. Menyikapi informasi tersebut selanjutnya pada pukul 01.30 wib personil satresnarkoba melakukan kegiatan razia terhadap setiap kendaraan yang melintas di jalan Blangkejeren-Takengon tepat nya di Desa Pinang Rugub Kec. Rikit Gaib Kab Gayo Lues, dan pada saat petugas sedang melakukan razia sekira pukul 02.00 wib melintas 1 (satu) unit mobil xenia warna putih dengan Plat nomor Polisi BK 1272 AV yang pada saat diberhentikan langsung menerobos petugas yang melaksanakan kegiatan razia, kemudian petugas satresnarkoba langsung melakukan pengejaran dan berkoordinasi dengan personil polsek Rikit Gaib untuk menutup jalan yang akan di lalui pelaku dengan cara memasang palang berupa kursi kayu dan mobil patroli polsek di depan mako Polsek Rikit Gaib, namun palang tersebut ditabrak oleh pelaku sampai kursi kayu hancur dan pelaku langsung melanjutkan pelarian dengan memacu mobil melalui jalur Blangkejeren – Kota Takengon, dan pada pukul 02.30 wib sesampainya pelaku di Desa Cane Toa Kec. Rikit Gaib Kab. Gayo Lues mobil yang di kemudikan pelaku tergelincir ke dalam semak pinggir jalan Desa Cane Toa Kec. Rikit Gaib Kab. Gayo Lues tersebut, kemudian 3 (tiga) orang pelaku yang berada di dalam mobil tersebut langsung keluar dari mobil dan berusaha melarikan diri ke arah semak, melihat hal tersebut petugas langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku, dan dari 3 (tiga) orang pelaku tersebut petugas berhasil mengamankan salah seorang pelaku berinisial IA (ICHSAN ALFANI Bin SUMARNO), umur 22 tahun, pekerjaan Pelajar/mahasiswa, alamat Dusun Suka Damai Desa Suka Makmur Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang, sementara 2 (dua) orang rekan pelaku yang berinisial IW Alias KONER, umur 21 tahun, pekerjaan Tidak Ada, Alamat Desa Suka Makmur Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang dan S Alias BEROK, umur + 30 tahun, pekerjaan Wiraswasta, Alamat Desa Suka Makmur Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang berhasil melarikan diri dari kejaran petugas, selanjutnya petugas langsung menggeledah mobil yang pelaku kendarai dan menemukan barang bukti berupa : 3 (tiga) karung goni warna putih berisikan 12 bal/paket narkotika jenis ganja yang di ikat dengan tali plastik warna kuning dengan berat 60 kg (enam puluh kilo gram) dari dalam 1 (satu) unit mobil Daihatsu XENIA warna putih dengan Plat nomor Polisi BK 1272 AV dengan no rangka MHKV5EA2JGK012153 dan nomor mesin 1NRF194135 yang pelaku kendarai,

selanjutnya pelaku bersama dgn barang bukti di bawa ke Ruangan Satresnarkoba Polres Gayo Lues untuk dilakukan proses penyidikan serta penyelidikan lebih lanjut.

Terhadap perbuatan pelaku, Pelaku diancam dengan pasal 115 ayat (2) jo pasal 111 ayat (2) UU. RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Minimal 5 (lima) tahun penjara maksimal 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebesar Rp 8.000.000.000 (delapan miliar rupiah) ditambah 1/3 (sepertiga).

Polres Galus Musnahkan Kadang Ganja

Di tempat berbeda, berdasarkan informasi pada tanggal 17 Desember 2021 Satresnarkoba Polres Gayo Lues melakukan penyelidikan tentang informasi keberadaan ladang ganja di Desa Agusen. Setelah melakukan penyelidikan, petugas berhasil menemukan 16 hektar ladang ganja di pegunungan Blang Beke desa Agusen, terdiri dari 4 titik lokasi. Diperkirakan dari keseluruhan batang ganja tersebut terdapat 16 ribu batang. Petugas kemudian melakukan pemusnahan ladang ganja tersebut dengan cara dikumpulkan kemudian dibakar, serta pengambilan sampel barang bukti untuk diamankan ke Mapolres Gayo Lues. (Ali Sadikin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.