Karhutla 20 Ha di Rao Utara, Polres Pasaman Temukan Fakta Ini

Polres Pasaman tinjau karhutla 20 Ha di Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Minggu (13/3/22).
Polres Pasaman tinjau karhutla 20 Ha di Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Minggu (13/3/22).

Pasaman, – Polres Pasaman meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Minggu (13/3/22).

Polsek Rao Polres Pasaman langsung ke titik panas api untuk melakukan verifikasi dan penyelidikan. Berdasarkan data pantauan satelit NOAA20, terdapat hot spot di Nagari Languang.

Dalam penanganan karhutla ini, Kapolsek Rao beserta anggota didampingi Wali Nagari Languang Muhammad Ilbar dan Kepala Jorong Gantiang menuju perkiraan titik api di Bukit Sungai Salak, Jorong Gantiang, Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman.

Baca juga: Jawab Harapan Warga, Kapolres Pasaman Minta Dinas PU Segera Buat Jembatan Darurat

Ngotot ke Syariah, Hidayat Ingatkan Gubernur jangan Recoki Bank Nagari

Disampaikan Kapolres Pasaman AKBP Fahmi Reza, anggota menemukan fakta di lokasi kebakaran api ditemukan sudah padam, lahan yang terbakar merupakan padang ilalang, dengan luas diperkirakan 20 Ha, dan tidak ditemukan tanaman lain yang terbakar.

“Menurut informasi dari kepala jorong, kebakaran terjadi pada hari Sabtu 12 Maret 2022, sekitar pukul 20.00 Wib. Api diperkirakan berasal dari sisa rokok masyarakat yang berburu hama babi. Dalam peristiwa kebakaran ini tidak terdapat kerugian materil maupun korban jiwa” kata AKBP Fahmi Reza.

Kapolres mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat beraktifitas di kebun dan membuang puntung rokok di lokasi hutan.

“Berhati-hati dalam beraktifitas di kebun atau hutan, jangan membuang puntung rokok disembarang tempat atau dekat-dekat ilalang ataupun rumput yang mudah terbakar,” pesan Kapolres AKBP Fahmi Reza.

(Darlin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.