Sidang IPU ke-144 di Bali Jadi Wujud Gotong Royong Parlemen Dunia

Sidang IPU ke-144 di Bali Jadi Wujud Gotong Royong Parlemen Dunia

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Sidang IPU ke – 144 di Bali menjadi wujud gotong royong dari seluruh Parlemen Dunia. Indonesia akan menyukseskan perhelatan IPU ke – 144 dan Bali sudah siap untuk menyelenggarakannya.

Menurut Puan, terselenggaranya IPU ke – 144 dengan lancar dan sesuai rencana harus merupakan gotong royong bersama dari semua pihak sehingga dapat terselenggara dengan baik. Tentunya bukan hanya dari pihak tuan rumah namun juga melibatkan peserta IPU dari seluruh dunia.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR Puan Maharani di Jakarta saat dialog dengan tema special event: Indonesia tuan rumah Sidang IPU ke – 144 (17/3/2022).

Puan Maharani mengungkapkan IPU ke – 144 di Bali bukan hanya ceremonial semata, dengan konferensi – konferensi, membahas tema – tema tertentu namun tidak ada implementasinya.Justru nanti harus ada implementasi dari hasil IPU kali ini.

Dampak penyelenggaraan IPU di Bali untuk jangka pendek, jika Indonesia berhasil dengan sukses, maka ada dampak domestik lokalnya khususnya di Bali dan umkm juga dapat bangkit lagi dimana nantinya para delegasi dari berbagai negara dapat melihat, menyukai dan turut memasarkan hasil umkm tersebut, harap Puan.

Ketua DPR menyebutkan dengan kondisi pandemi covid – 19 justru menjadi tantangan dan semua hal telah dilakukan tindakan antisipasi seperti pengecekan PCR terhadap para peserta IPU ke – 144. Selain itu juga telah diantisipasi tempat isoman bagi mereka yang terpapar covid-19 tanpa gejala dan tempat tersebut disiapkan agar sesuai harapan para peserta. Namun jika ada gejala dan perlu dilakukan perawatan ataupun tindakan medis, maka rumah sakit – rumah sakit juga telah disiapkan agar dapat memberikan pelayanan serta tindakan medis yang sesuai.
Penerapan protokol kesehatan akan dilakukan secara disiplin dan ketat agar mengantisipasi penyebaran covid -19 selama penyelenggaran IPU ke -144. Selain itu pengamanan juga dilakukan secara ketat agar rasa aman dan nyaman dari peserta dapat terpenuhi, ujar Puan.

Sementara, Menurut Puan Maharani, masih ada pembatasan untuk partisipasi peserta IPU di Bali karena pandemi Covid -19, dimana target peserta yang hadir sebanyak 1000 orang dari 178 negara, Namun berdasarkan laporan yang ada, sebenarnya bisa lebih dari 2000 tetapi dibatasi.

“Mari kita sama – sama bergotong royong menyukseskan IPU ke – 144 di Bali tanggal 20 – 24 Maret 2022. Ini adalah event internasional dimana kepemimpinan global Indonesia akan dilihat di dunia internasional dan citra Indonesia dapat diterima secara positif oleh publik internasional dan hal itu adalah gotong royong dari seluruh masyarakat Indonesia. Ayo kita antusias untuk melaksanakan IPU ke – 144 di Bali, tutup Puan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.