Dodoy Korban Ancaman: Saya Tidak Ada Hubungan dengan Oknum Ninik Mamak Itu

Wartawan Kabardaerah.com Aldoris
Wartawan Kabardaerah.com Aldoris

Tanah Datar, – Aldoris sapaan akrab Dodoy Wartawan Kabardaerah.com korban ancaman oknum Ninik Mamak yang merupakan pengurus KAN Tanjung Bonai, Tanah Datar, membantah bahwa dirinya bukan kemanakan dari Fery DT Tampado.

“Geli saya membaca statmenya, jangankan kemanakan beliau, hubungan darahpun tidak ada dengannya. Apabila saya melakukan pelanggaran, tentu ada sanksi yang sudah saya terima, baik secara adat ataupun hukum nasional,” ungkap Dodoy, Selasa (22/3/22).

Menurutnya, jika hukum adat dipakai di alam salingka daerah tersebut, namun urusan tambang kita bukan bicara adat, tapi bicara undang – undang.

Baca juga: Bermula Berita Tambang, Wartawan Kabardaerah.com Diduga Diancam Oknum Pengurus KAN Tanah Datar

Oknum Ninik Mamak Diduga Ancam Wartawan Kabardaerah.com Mengaku Mengingatkan

“Ini sudah menunjukan sentimen pribadi, masalah izin tambang yang dikeluarkan oleh KAN sudah masuk proses lidik dari kepolisian. Kita hanya melihat, mendengar dan memberitakan,” terang Dodoy.

“Jika mengingatkan, pepatah sudah mengatakan, jika ninik mamak berunding di dalam rumah, bukan dipingir jalan,” kata Dodoy membalas pantun oknum Ninik Mamak.

Dodoy mengaku menyesalkan perbuatan oknum pengurus KAN Tanjung Bonai ini.

“Kenapa saya sebut oknum, karena kalau ninik mamak di Tanjung Bonai tidak ada yang temperamen seperti ini. Kalau ingin berunding dipingir jalan, wajar jika sebutan kasar diberikan oleh anak kamanakan,” tegas Dodoy.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris KAN Tanjung Bonai, Kabupaten Tanah Datar, Fery DT Tampado mengatakan, karimbo babungo kayu. Kasungai babungo pasia. Katambang babungo ameh. “Jadi bungo kasiak secara adat yang kami terima,” kata Fery DT Tampado.

Sementara terkait ancaman yang disebutkan, Fery DT Tampado merasa tidak ada melakukan pengancaman, melainkan mengingatkan sebagai Ninik Mamak.

Disampaikan Ninik Mamak ini, menurut adat mereka, apapun yang dilakukan atau dihasilkan dalam kawasan tanah ulayat nagari, Niniak Mamak punya hak.

(Darlin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.