Parlemen Indonesia Dan Parlemen Liga Arab Bentuk Grup Kerjasama Bilateral

Parlemen Indonesia Dan Parlemen Liga Arab Bentuk Grup Kerjasama Bilateral

Gelaran IPU ke – 144 di Bali, dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia sebagai peluang untuk membangun kerjasama dengan parlemen negara lainnya, termasuk negara-negara Arab.

Seperti Ketua DPR RI Puan Maharani yang melakukan pertemuan dengan Presiden Parlemen Liga Arab, Adel Bin Abdul Rahman Al Asoomi. Dalam kesempatan tersebut, diusulkan agar dibentuk grup kerja sama bilateral antara DPR RI dengan Parlemen Arab.

Hal ini dikarenakan, Indonesia dan Negara-negara Arab telah bekerjasama di berbagai bidang, namun perlu ditingkatkan. Kerjasama kedua negara dinilai harus terus diperkuat, bukan hanya dibidang ekonomi, tapi juga bidang pendidikan, kesehatan dan hal-hal terkait isu global seperti perubahan iklim atau climate change.

Selain itu, dalam pertemuan antara keduanya juga yang menjadi topik pembicaraan adalah seputar pembahasan dalam siding IPU seperti penguatan pembangunan demokrasi, hak asasi manusia, vaksinasi dan pemulihan di masa pandemi.

Tidak lupa, Indonesia mengajak parlemen Arab untuk turut berpartisipasi dalam upaya menanggulangi perubahan iklim.

Ketua DPR bersama Presiden Parlemen Liga Arab juga menyempatkan diri untuk membahas tentang kesetaraan Gender. Puan Maharani sangat mengapresiasi langkah progresif parlemen Arab yang melibatkan perempuan pada pertemuan Parlemen, dan perhatian yang diberikan terhadap isu pemberdayaan perempuan.

Untuk diketahui bahwa keterwakilan perempuan di DPR RI yang saat ini berada pada angka 20,8% atau 120 orang dari total 575 anggota parlemen.

144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) digelar di Nusa Dua Bali, dan akan ditutup dengan kesimpulan-kesimpulan dan deklarasi, untuk menegaskan komitmen parlemen sedunia terhadap beragam isu yang telah dibahas selama 5 hari sidang IPU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.