Parlemen Dunia Akui Keberhasilan Indonesia Dalam Penyelenggaraan IPU Ke – 144

Parlemen Dunia Akui Keberhasilan Indonesia Dalam Penyelenggaraan IPU Ke – 144

Penyelengaaraan Inter Parliamentary Union (IPU) ke – 144 di Nusa Dua Bali meninggalkan kesan yang sangat baik di mata para delegasi peserta sidang.

Para peserta sidang IPU menaruh apresiasi terhadap Indonesia sebagai tuan rumah yang sukses menyelenggarakan event berstandar internasional di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, diplomasi dan kepemimpinan Indonesia menjadikan para delegasi parlemen dari berbagai negara ini, ingin meningkatkan kerjasama dengan parlemen Indonesia. Tidak lupa mereka juga berjanji akan datang kembali berkunjung ke Indonesia dikarenakan keindahan alam dan keramahan masyarakatnya.

Delegasi Parlemen Meksiko, Cyhthia Iliana López Castro memuji Pidato Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat pembukaan Sidang Umum IPU. Indonesia dinilai telah menunjukkan diri sebagai negara yang sangat peduli dengan pandemi Covid-19, kesetaraan gender, perubahan iklim dan krisis di Ukraina. Cynthia merupakan Anggota Dewan IPU Parlemen Muda dan Anggota Parlemen Meksiko.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan Sidang IPU ke – 144, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Mulai dari persiapan kegiatan, jalannya persidangan hingga kepulangan para delegasi menjadi perhatian panitia penyelenggara.

Pelaksanaan sidang juga semuanya memenuhi standar internasional, namun dengan tidak menghilangkan seni dan budaya Indonesia. Hal tersebut ternyata melekat di dalah hati para para peserta.

Bhartruhari Mahtab, anggota parlemen dari India, disela-sela persidangan IPU, menyebut bahwa sebagai tuan rumah pelaksanaan forum parlemen global ini, Indonesia sangat memenuhi standar internasional.

Delegasi yang berasal dari Afrika juga sangat terkesan dengan cara diplomasi Indonesia. Selain itu, mereka mendukung proposal perdamaian Ukraina yang diajukan oleh parlemen Indonesia.

Secretary of Delegation Mozambik, Jose Madroba mengatakan bahwa delegasinya menilai pelaksanaan IPU ke-144 di Bali, Indonesia berjalan lancar. Menurutnya, isu agresi Rusia ke Ukraina harus menjadi atensi bersama. Para delegasi sangat menghargai dan mendukung parlemen Indonesia yang bersama-sama dengan Selandia Baru mengajukan proposal perdamaian.

Parlemen dari Eropa juga menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia karena mampu menunjukkan sikap kepimpinan selama sidang IPU berlangsung.

Nadyan Essayan, Majelis Parlemen Perancis, menyatakan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah IPU ke 144 telah memberikan layanan terbaik. Penyelenggaraan kegiatannya dipersiapkan secara matang. Dirinya juga memuji masyarakat Indonesia yang selalu terbuka dan ramah.

Cynthia menambahkan bahwa Indonesia dan Meksiko merupakan ‘sister nation’ atau saudara bangsa. Para delegasi merasakan keramahan dan sikap welcome dari masyarakat Indonesia. –

Pos terkait

loading...