Warga Antusias Ikuti Vaksin di Kalteng Menjelang Mudik Lebaran 2022

Warga Antusias Ikuti Vaksin di Kalteng Menjelang Mudik Lebaran 2022

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Tengah, Brigjen TNI Sinyo mengatakan, dalam rangka memfasilitasi kebutuhan masyarakat atas vaksinasi booster Binda Kalteng menyediakan layanan vaksin termasuk pada malam hari pasca kegiatan Salat Tarawih. Warga antusias mengikuti vaksinasi karena ingin pulang kampung dan bertemu dengan keluarga secara aman.

Karena itu dia mengimbau bagi masyarakat Kalteng yang ingin mudik dan belum mendapat booster, agar sebaiknya melakukan paling tidak dua minggu sebelum berangkat mudik. Hal itu karena butuh waktu bagi vaksin untuk membentuk imunitas yang optimal.

“Mobilitas masyarakat yang masif saat arus mudik maupun balik lebaran, memungkinkan penularan Covid-19 yang lebih tinggi. Maka dari itu vaksinasi booster penting dilakukan untuk membantu mengurangi dampak kesakitan jika tertular Covid-19,” kata Sinyo.

Bagi masyarakat yang belum vaksinasi penguat dan kebetulan akan melakukan mudik, Sinyo mengimbau segera melakukan vaksinasi jika telah tiba waktunya. Vaksinasi booster bisa disuntikkan minimal setelah tiga bulan kepada orang yang sudah divaksinasi lengkap.

“Vaksin booster dapat dilaksanakan minimal tiga bulan setelah vaksinasi lengkap. Vaksin tersebut akan memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dalam keadaan sehat sehingga keluarga yang dikunjungi pun sehat, sehingga dapat kembali pulang dalam keadaan sehat,” sebut Sinyo.
Sinyo menegaskan, vaksinasi Covid-19 merupakan upaya komunal, tidak hanya untuk melindungi diri, tetapi sekaligus melindungi masyarakat lainnya, terutama para orang tua dari risiko kematian dan fatalitas sakit akibat Covid-19.

“Mari hentikan perdebatan. Tujuan vaksinasi untuk melindungi masyarakat dari kematian akibat Covid-19. Bukan untuk mempersulit mobilitas,” katanya.

Sementara itu, realisasi vaksinasi yang dilaksanakan Binda Kalteng, Sabtu (9/4/2022), berhasil menjangkau 5.003 orang, yakni  di Kab. Katingan sebanyak 444 dosis, Kab. Pulang Pisau sebanyak 263 dosis, Kab. Gunung Mas sebanyak 733 dosis, Kab. Kapuas sebanyak 371 dosis, Kab. Kotawaringin Barat sebanyak 552 dosis, Kab. Kotawaringin Timur sebanyak 462 dosis, Kab. Seruyan sebanyak 289 dosis, Kab. Barito Selatan sebanyak 562 dosis, Kab. Barito Utara sebanyak 372 dosis, Kab. Murung Raya sebanyak 137 dosis, Kab. Lamandau sebanyak 172 dosis, Kab. Barito Timur sebanyak 251 dosis dan Kota Palangka Raya sebanyak 395 dosis.

“Capaian vaksinasi yang kami laksanakan sejak 1-9 April 2022 sudah mencapai 30.514 orang atau 19,69% dari target bulanan 155 ribu dosis,” sebut Sinyo.

Sedangkan untuk kegiatan vaksinasi hari ini (10/4/2022), dilaksanakan di Kab. Barito Selatan, Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Katingan, Kab. Murung Raya, Kab. Barito Timur, Kab. Barito Utara, Kab. Lamandau, Kab. Kapuas, Kota Palangka Raya, Kab. Kotawaringin Barat, Kab. Seruyan, Kab. Pulang Pisau, dan Kab. Gunung Mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.