Pemerintah Optimal Menyelenggarakan Mudik Lebaran 2022

Pemerintah Optimal Menyelenggarakan Mudik Lebaran 2022

Oleh : Najmu Awaludin

Pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya preventif dan mitigasi risko untuk menyelenggarakan mudik Lebaran 2022. Semua itu demi tercapainya Mudik Aman dan Mudik Sehat.

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, yang mana juga menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan beberapa langkah persiapan untuk memenuhi segala kebutuhan sarana dan prasarana transportasi demi mobilitas masyarakat.

Bahkan mulai dari perjalanan darat, air hingga udara pun seluruhnya telah dipersiapkan.
Dalam sebuah Rapat kerja bersama dengan Komisi V DPR RI pada hari Rabu tanggal 6 April 2022 lalu, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menyatakan bahwa pihaknya telah memaksimalkan penggunaan kereta api, yang mana saat ini telah dipesan dalam jumlah yang cukup banyak oleh masyarakat.

Bukan hanya sekedar ketersediaannya saja yang telah dipersiapkan, melainkan seluruh kelayakan juga telah disiapkan dengan optimal.

Kembali ditambahkan oleh Menteri Perhubungan bahwa ramp check telah dilakukan pada semua moda transportasi untuk menjamin kelayakan pemakaiannya.

Selain itu juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh SDM dan akan diberlakukan pengawasan mengenai harga tiket nantinya. Pengoptimalan persiapan mudik Lebaran pada tahun 2022 juga diwujudkan dalam berbagai program.

Salah satu program yang menjadi andalan Kementerian Perhubungan adalah Pemerintah akan memberikan fasilitas penuh bagi para pemudik Lebaran 2022 , yakni Program Mudik Gratis. Tentunya hal tersebut ditujukan supaya menjamin keselamatan dari para pemudik sendiri serta diharapkan bisa mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.
Justru akan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah karena mudik pada tahun ini sangat mengundang antusias tinggi dari masyarakat. Pasalnya sudah sekitar 2 tahun belakangan larangan mudik terus diberlakukan semenjak terjadi penularan pandemi Covid-19. Namun saat ini pandemi sudah cenderung melandai dan tertangani dengan baik. Maka dari itu Pemerintah bahkan memberikan fasilitas untuk para pemudik.
Koordinasi terus dilakukan antara pihak Kementerian Perhubungan dengan Menko PMK selaku koordinator penyelenggara mudik Lebaran 2022. Unsur paling penting yang akan diupayakan oleh Pemerintah dalam mudik Lebaran tahun ini adalah sebagaimana terwujudnya Mudik Aman dan Mudik Sehat.
Sementara itu, mengenai pengaturan arus jalan raya atau rekayasa lalu lintas juga akan direncanakan oleh Pemerintah melalui Kemenhub. Menteri Budi Karya menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Korlantas Polri yang kemudian akan menjadi eksekutor dalam rekayasa lalu lintas. Beberapa peraturan akan diberlakukan seperti halnya sistem satu arah, buka-tutup jalur, pengalihan jalur dan sebagainya.
Berbagai persiapan telah dilakukan sejak jauh hari untuk memprediksikan kira-kira titik kemacetan akan terjadi di mana saja dan bagaimana rekayasa untuk bisa menguraikannya. Tentu semua ini demi terwujudnya mudik yang aman dan lancar bagi masyarakat. Dikatakan oleh Budi Karya bahwa apabila kelancaran, keselamatan hingga disiplin protokol kesehatan terus dilakukan oleh masyarakat, maka mudik akan berjalan seperti perencanaan.
Seluruh optimalisasi tersebut, mulai dari mempersiapkan ketersediaan sarana dan prasarana hingga memastikan kelayakan penggunaan, memantau terus kesehatan serta kesiapan pihak SDM penyelenggara mudik, pengawasan ketat mengenai distribusi tiket dan harganya hingga rekayasa arus lalu lintas, semua sudah dipersiapkan oleh Pemerintah dengan begitu matang dan terstruktur.
Pelaksanaan mudik Lebaran 2022 diharapkan berjalan aman dan lancar sesuai rencana karena seluruh aspek telah dipersiapkan secara matang. Masyarakat pun diimbau untuk selalu mematuhi arahan Pemerintah dan petugas di lapangan karena tanpa kepatuhan masyarkat, kebijakan mudik Lebaran 2022 tidak akan berjalan sesuai harapan.

)* Penulis adalah Forum Literasi Gunung Kidul

Pos terkait

loading...