Terbaik Kelola Dana Desa, I.B Bisma Wiratma No 1 di Pilkel Abiansemal

I.B Bisma Wiratma, S.H.

Badung – Bakal calon incumbent Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Abiansemal nomor urut 1 (satu) I.B Bisma Wiratma, S.H ternyata ketika menjabat sebelumnya didaulat sebagai pengelola anggaran dana desa terbaik dari Kementrian Desa.

Pendamping Lokal Desa dari Kementrian Desa Kecamatan Abiansemal, Putu Suadiana menyampaikan, untuk mencapai prestasi itu tidaklah mudah. Target penilaian Kementrian Desa masing-masing harus mencapai 75 persen atau pencapaian outputnya di atas 75 persen. Ia menegaskan bahwa yang dinilai output dan realisasi kegiatan.

“Kalau penilaian kinerja setiap kegiatan yang terealisasi mencapai apa yang menjadi output dari kementerian itu mendapat reward penambahan Rp 209 juta. Tergantung nilai afirmasi dibagi per wilayah. Misalnya, berapa nilai afirmasi Kabupaten Badung segitu dibagi masing-masing sama jumlahnya,” terang Putu Suadiana kepada wartawan di Abiansemal Badung, Rabu (27/04/2022)

Putu Sudiana menjelaskan, dalam penilaian Kementerian itu ada Status Desa Mandiri, Desa Maju dan Desa Berkembang. Dan penilaian dititik beratkan terkait transparansi penggunaan anggaran. Ia menyebut jumlah penduduk dan jumlah luas wilayah sangat mempengaruhi anggaran dan untuk penyaluran tergantung dari tingkat desa itu sendiri.

“Kalau dia Desa Mandiri, transfernya dua tahap. Tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen. Kalau dia Desa Maju 3 tahap. Tahap pertama 40, tahap kedua 40 dan ketiga 20. Kalau Desa Tertinggal dapat lagi reward. Dapat tambahan dana desa lagi,” imbuh Putu Suadiana.

Ia juga menambahkan bahwa untuk pengelolaan dana desa tergantung peminpin. Sementara untuk Desa Abiansemal sendiri tahun 2021 semasa kepemimpinan IB Bisma Wiratma disebutkan cukup solid dengan perangkap desa melaksanakan program-program kerja.

Hal ini dikatakan juga sebagai pemicu bagaimana Perbekel Desa Abiansemal bisa meraih reward. “Saran saya terus ditingkatkan. Semua itu kan tergantung pemimpin dalam pengelolaan anggaran dana desa,” tutup Putu Sudiana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.