Kapolres Aceh Besar bersama Dinas Terkait Sosialisasikan Penyakit PMK pada Hewan

Aceh Besar- Pada Rabu tanggal 11 Mei 2022 pukul 10.00 wib s/d di Pasar Hewan Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar. Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam S.I.K.,MH yang di dampingi oleh Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar,SP serta unsur terkait lainnya, telah melaksanakan giat Sosialisasi kepada masyarakat tentang Ancaman Penyebaran PMK (Penyakit Mulut & Kuku) pada Sapi.

Kegiatan ini diawali dengan Rapat Koordinasi di Warung Kopi Dua Saudara Samahani Kab. Aceh Besar tentang rencana sosialisasi dan sidak Pasar Hewan Sibreh.

Pelaksaan Sosialisasi kepada masyarakat tentang Ancaman Penyebaran PMK (Penyakit Mulut & Kuku) pada Sapi oleh Kapolres Aceh Besar yang di dampingi oleh Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar,SP serta unsur terkait lainnya. Melaksanakan Sidak ke Pasar Hewan Sibreh untuk memeriksa dan melakukan pengecekan terhadap hewan sapi-sapi yang diperjual belikan, apakah ada terinfeksi virus PMK.

Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar,SP serta unsur terkait lainnya, dengan menyampaikan materi, yaitu, Ciri-ciri PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan yakni, Demam tinggi, Tidak mau makan, Keluar lendir pada mulut dan berbusa, Luka-luka pada rongga mulut dan lidah, Luka pada kuku dan diakhiri Lepasnya kuku

Dalam hal tersebut Kapolres berharap kepada masyarakat khususnya pemilik ternak untuk tidak melepaskan ternaknya demi mencegah dari ancaman Penyebaran PMK, seperti yang diketahui di daerah-daerah lain telah terjadi penyebaran tersebut yang mengakibatkan kematian pada hewan tersebut.

Dan berharap kepada seluruh lapisan masyarakat baik dari Muspika maupun tokoh masyarakat untuk membantu masyarakat dalam mengatasi ancaman penyebaran PMK pada Sapi, dengan melakukan sosialisasi-sosialisai ke desa-desa sehingga di Wilayah Aceh Besar dapat terhindar dari penyakit pada hewan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan  terhadap hewan sapi-sapi yang diperjual belikan di Pasar Sibreh, berdasarkan gejala klinis didapati 3 (tiga) ekor sapi yang telah terinfeksi virus PMK, kemudian disampaikan kepada pemilik sapi dan dilakukan lokalisir terhadap sapi tersebut yaitu dipisahkan dengan sapi lain dan dikeluarkan dari pasar, guna pencegahan penyebaran virus PMK ke sapi lainnya.

Turut hadir pada giat tersebut, Kapolres Aceh besar AKBP. CARLIE SYAHPUTRA BUSTAMAM,S.I.K,M.H, Kasat Reskrim Polres Aceh Besar AKP. FERDIAN CHANDRA,S.Sos.,M.H, Kadis Pertanian Kab.Aceh Besar JAKFAR, SP., Kasat Intelkam Polres Aceh Besar IPTU SATRIA PUTRA, Camat Sukamakmur AZHARI, SE, Kapolsek Sukamakmur IPDA BAMBANG PELIS, S.H, Kepala Balai Pengkajian Teknologi  Pertanian Provinsi Ir.M.FERIZAL. Msc, serta Unsur Dinas Peternakan Bidang Keswa Drh. SRIMAHDALENA.(Ali Sadikin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.