Riak Kecil Pilkel Abiansemal, TNI Polri Bersiap

Ilustrasi Pemilihan Perbekel (dlk/ist)

Badung – Diprediksi ada riak kecil berpotensi akan timbulnya gesekan dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Abiansemal, TNI dan Polri bersiap mengamankan. Terutama pada titik dianggap rawan, seperti tempat pemungutan suara atau TPS yang sangat penting untuk diawasi aparat saat pencoblosan.

Ketua Panitia Pilkel Desa Abiansemal, I Nyoman Suryawan mengatakan, dalam Pilkel Desa Abiansemal ini diikuti 8 (delapan) Banjar Dinas. Terdapat 15 (lima belas) TPS yang tersebar di masing-masing banjar, kecuali Banjar Latusari lantaran jumlah penduduknya dikatakan kurang dari 200 orang sehingga digabung ke Banjar Aseman.

“Kalau sepintas ada tiga (tiga) titik dianggap bisa terjadi gesekan, yakni di Banjar Pande, Banjar Gunung dan Banjar Purwokerto. Dan hal itu sudah kami sampaikan kepada Babinkantibmas untuk dilakukan pengawasan. Total pemilih kali ini berjumlah 5.995 untuk menggunakan hak suara,” ungkap Nyoman Suryawan kepada wartawan di Abiansemal Badung, Rabu (11/05/2022)

Ia menjelaskan, tidak saja meminta memprioritaskan pengamanan terhadap tiga banjar itu, namun pihaknya juga meminta, di setiap TPS agar dijaga anggota aparat, baik dari TNI maupun Polri.

“Harapannya agar Pilkel Abiansemal berjalan kondusif dan aman,” jelas Nyoman Suryawan singkat.

Dikonfirmasi terpisah Danramil 1611-05/Abiansemal, Kapten Kav I Ketut Darmawan mengatakan, mengantisipasi jika terjadi kisruh pihaknya mengaku telah berkordinasi dengan Polsek Abiansemal dengan melakukan patroli dan maping wilayah sebagai persiapan mengamankan Pilkel.

“Kalau kita selama ini persiapannya bersinergi dengan Kapolsek Abiansemal dan Camat untuk pengamanan Pilkel itu sendiri,” kata Ketut Darmawan.

Sementara itu Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H menyampaikan, belum berani menyimpulkan, bahwa sejauh ini belum ada tanda-tanda mengkhawatirkan, masih sebatas wajar dan aman.

“Sebetulnya belum bisa disampaikan rawan atau tidak, nanti penilaiannya dari Polri. Ini kan operasinya belum, kalau tidak salah Jumat baru mulai,” pungkas Kompol Ruli Agus Susanto.

Sebelumnya Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto juga dilaporkan telah melaksanakan koordinasi dengan Camat Abiansemal  terkait pelaksanaan Pilkel kepada wartawan di Kantor Camat Abiansemal, Jumat, (29/04/2022) lalu.

Kapolsek Abiansemal menjelaskan pelaksanaan Pemilihan Perbekel mendatang, mengimbau kepada seluruh unsur Muspika Kecamatan Abiansemal agar bersama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Abiansemal menjelang dan sesudah pelaksanaan Pilkel.

“Kami bersama Muspika Kecamatan Abiansemal sudah melakukan koordinasi terkait pelaksanaan Pilkel nanti, hal ini dilakukan demi kelancaran dan keamanan Pilkel yang nantinya akan dilaksanakan di 3 (tiga) Desa yaitu Desa Abiansemal, Desa Bongkasa dan Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abiansemal,” ungkap Kompol Ruli.

Di sisi lain Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa juga menambahkan pihaknya sudah bermusyawarah bersama unsur Muspika Kecamatan Abiansemal. “Agar selalu berkolaborasi dalam kegiatan apapun menjelang Pilkel nanti sampai situasi dinyatakan kondusif,” harapnya.

Untuk diketahui dalam Pemilihan Perbekel Abiansemal yang akan berlangsung tanggal 22 Mei 2022, ada 3 kandidat akan bertarung, yakni Ida Bagus Bisma Wiratma, SH (petahana), I Made Budiana dan I Ketut Sucaya Arta, S.Pd.

Pos terkait

loading...