TMMD ke 113 Resmi Dibuka Oleh Bupati Halindra dan Dandim Tuban

Tuban, Jatim, deliknews – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bersama Dandim 0811/Tuban, Letkol. Inf. Suhada Erwin membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun anggaran 2022 di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu 11/05/2022.

Bupati Halindra dalam sambutan nya mengatakan, kegiatan TMMD selaras dengan visi misi Kabupaten Tuban, Mbangun Deso Noto Kutho. Menurutnya, pembangunan di Kabupaten Tuban dilaksanakan dengan mengedepankan komunikasi, sinergitas dan kolaborasi dengan  melibatkan lintas instansi, sektoral, maupun komunitas. “Sehingga akan ditemukan solusi konkrit dan mampu menyentuh tiap aspek,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban bekerjasama dengan personil TNI-Polri untuk melakukan pembaharuan data secara berkala. Pembaharuan data tersebut mampu meningkatkan data peningkatan nilai Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kabupaten Tuban. Babinsa dan Babinkamtibmas ikut diterjunkan untuk melaporkan data demografi warga, penyaluran dan pemantauan bansos. “Data tersebut mencakup pendidikan terakhir, pekerjaan, bahkan bantuan yang diterima warga,” sambungnya.

Mas Bupati menjelaskan dukungan dari TNI-Polri tidak hanya berupa fisik tapi juga non-fisik. Selain mendukung pembangunan infrastruktur, mereka juga melakukan pembinaan UMKM, penyuluhan kesehatan dan pendidikan. Sebagai contoh, bersama PKK ibu Persit dan Bhayangkari Tuban ikut mengedukasi ibu rumah tangga memberi perhatian terhadap permasalahan angka stunting. “Kami sampaikan apreasiasi dan terima kasih atas dukungan selama ini. Kami harap sinergitas ini dapat terus ditingkatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0811/Tuban, Lektol Inf, Suhada Erwin mengatakan TMMD ke-113 akan dilaksanakan di Desa Kaligede Kecamatan Senori pada 11 Mei sampai 9 Juni 2022. Program ini wujud pengabdian, sinergitas Kodim 0811/Tuban dengan Pemkab Tuban bersama untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan, lanjut Dandim, berupa pembuatan jalan sepanjang 1,151 meter, pemasangan gorong gorong pada 2 tempat, pembuatan 3 tanggul penahan tanah sepanjang 30 meter tinggi 1,5 meter dan panjang 51 meter tinggi 1 meter, serta panjang 36 meter tinggi 1 meter. Tidak hanya itu, Kodim Tuban bekerja sama dengan Bank BRI melalui program CSR untuk rehab rumah tidak layak huni sebanyak 20 KK dan 1 mushola.

Suhada Erwin menambahkan sasaran non fisik pada TMMD kali ini diantaranya pengobatan massal, vaksinasi, pameran UMKM, pelayanan kesehatan hewan terpadu, penyuluhan stunting dan penyuluhan bela negara. “Diharapkan dapat meningkatkan 6 motivasi dan kreatifitas hidup masyarakat kearah kehidupan sosial yang lebih baik, sejahtera dan mandiri,” pungkasnya. (jati)

Pos terkait

loading...