Sekdin Disparbudpora Tuban Membuka Pameran Seni Rupa

Tuban, Jatim, deliknews – Sekdin Disparbudpora Tuban membuka pameran Seni Rupa bagi siswa SMA sebanyak 250 lukisan dipamerkan di tempat wisata pantai Kelapa mulai 14 – 15 Mei 2022.

Tema ‘Lestarikan Alamku’ diangkat untuk menghimbau kepada masyarakat supaya mencegah dan sekaligus menghindari untuk merusak hutan. Apabila hutan rusak akan mengakibatkan perubahan iklim dan pemanasan global.

Ketua panitia pameran Seni Rupa juga selaku ketua Yayasan Semi Seni Rupa Tuban (SSRT) Tuban, Luluk Setyorini, S. Sn Dalam sambutanya mengatakan pemeran selama 2 hari ini dalam rangka hari menggambar se Dunia di bulan Mei pas kebetulan bersamaan pameran serentak sedunia.

“Lukisan yang di pamerkan sebanyak 250 lukisan dari karya adik-adik siswa SMA. Lukisan ini bila laku terjual rejeki nya adik-adik. Meski pemula tidak kalah juga hasil karyanya yang menghasilkan pundi-pundi rupiah” ujar Luluk Setyorini, S. Sn.

Sedangkan sambutan dari Ketua Dewan Kesenian Tuban, Djoko Wahono mengatakan sekarang ini dari Forum Drawing Indonesia pada hari ini digalakkan bulan gambar. Seandainya sebelum nya ada koordinasi dengan panitia di Tuban akan lebih bagus. Kegiatan ini menarik dan perlu dikembangkan.

“Kegiatan ini bagi teman-teman pemula sangat menarik sekali. Kegiatan ini akan menjadi nafas dan senyum bagi seniman di Tuban saat ini. Dulu di pelopori oleh SMUJA Jatirogo yang dulu sering mengadakan even” ujar Djoko Wahono.

Semoga kegiatan ini bisa memberi inspirasi bagi teman-teman komunitas lain bisa pameran dan sinergi dengan Pokdarwis, Pemerintah maupun Perhotelan, pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Danarji mengatakan saya sangat mengapresiasi kegiatan pameran seni lukis ini. Kegiatan pameran seni lukis ini sangat penting bagi seniman seni, master plan nya bulan apa?. Saya siap untuk memfasilitasinya.

“Kita harus berkolaborasi memajukan baik itu dari sisi kebudayaan, pariwisata maupun dari olahraga. Karena tugas dari Disparbudpora itu pariwisata, budaya dan olahraga” ujar Darmaji.

Kemaren kita coba memanfaatkan momen hari raya, Alhamdulillah luar biasa. Sehingga peningkatan restribusi luar biasa. Tapi di media disorot masih kalau ramai dengan pantai kelapa. Ini PR oleh Pemkab, saya minta pak Hasan juga bisa membantu petok tular ke Pemkab untuk memajukan wisata yang di kelola oleh Pemkab Tuban, pungkasnya.

Sambutan dari Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa, Hasan mengatakan semoga kebersamaan ini merupakan awal yang baik untuk mendapat ending yang positif dan baik pula. Sinergisitas itu suatu hal yang terpenting. Bisa dibayangkan kalau pemerintah, swasta dan masyarakat tidak matching maka kegiatan apapun yang baik akan tidak tertangani karena tidak bisa berdiri sendiri.

“Kehadiran pantai kelapa dalam misi sosial. Misi sosialnya dikedepankan selanjutnya rejekinya ikut. Semua itu tergantung dari niat kita. Saya berharap buat adik-adik supaya niatnya ditata, sehingga bukan dapat apa tapi apa yang bisa kita lakukan rasa itu yang kita kedepankan” ungkap Hasan.

Tuban memiliki tempat wisata yang luar biasa mulai dari laut kita punya, pengunungan, daerah tambang, hutannya perkebunan dan pertaniannya bisa digunakan wisata ededukasi. SDM nya yang perlu dipupuk dan mindset nya perlu dirubah, pungkasnya. (jati)

Pos terkait

loading...