DPD II PAN Galus Minta Penyesuaian Anggaran Tahun 2022 untuk Gagal Bayar 2021 di Evaluasi

Gayo Lues-Ketua DPD II Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gayo Lues, Ali Sadikin, meminta pemerintah daerah mengevaluasi kembali terkait surat Bupati Nomor : 900/401/2022 tertanggal 11 mei 2022. Tentang Penyusunan Belanja Daerah Tahun 2022, Serta Penundaan Realisasi Anggaran  Yang Bersumber dari Pusat, dan Provensi Serta Rasionalisasi Anggaran Belanja Daerah yang sifatnya Kegiatan Rutin, perjalanan Dinas, ATK serta Bahan Pakai habis lainnya.

Hal ini, diduga melanggar Qanun Kabupaten Gayo lues Tahun 2022, karena semua program yang dituangkan dalam DPA SKPK  sudah disahkan melalui Sidang Paripurna Tahun 2022.

Ali Sadikin menilai, jika tebitnya surat Bupati  no:900/401/2022 dikarenakan adanya hutang atau gagal bayar pada tahun 2021  maka seharusnya semua Pimpinan SKPK atau PA  sudah memberi laporan dan mengusulkan  kepada TAPD  atau kepada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) yang kemudian diusulkan tahun 2022 sebelum sidang Paripurna dilaksanakan serta pengesahan Qanun sehingga usulan pembayaran hutang sebelumnya sudah dilakukan.

Ali Sadikin mengatakan, selain berdampak pada ekonomi masyarakat  penundaan dan Rasionalisasi Anggaran Tahun 2022  dapat juga berdampak pada lambannya proses pembangunan di semua sektor bahkan dapat mempengaruhi konsentrasi kerja para ASN dilingkungan pemerintah,  dan serta  adanya kegiatan di salah satu dinas yang sudah dilakukan proses tender bahkan sudah selesai penanda tanganan kontrak.

Masih kata Ali Sadikin, terkait dengan penyusunan  kembali, rasionalisasi dan penundaan realisasi anggaran kegiatan dari Pusat  dan Provensi ini sangat berdampak pada ekonomi masarakat, selain itu diduga Menabrak UU Nomor 17 Tahun 2003, tentang keuangan daerah(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.