Kapolsek Indrapuri Sosialisasikan PMK di Desa Cot Karueng

Deliknews-Kapolsek Indrapuri Kapolsek indrapuri Kabupaten Aceh Besar, Akp Nazaruddin bersama Bhabinkamtibmas sosialisasikan ancaman penyebaran Penyakit Mulut dan Hewan (PMK) di Desa Indrapuri, pada Rabu 25/05/2022.

Kegiatan tersebut ekaligus melakukan pengecekan dan pendataan ternak sapi dan kerbau yang sat ini diserang penyakit (PMK), giat tsb didampingi oleh keuchik cot kareung Sdr. Amirullah dan untuk penanganannya langsung ditangani oleh Manteri hewan Sdr. Sudarmi selaku koordinator kecamatan.

Adapun jumlah sapi kerbau yang saat ini terinfeksi sebanyak : ± 40 ekor dan hingga saat sudah ditangani sejumlah kurang lebih 30 ekor.

Pada kegiatan  tersebut Kapolsek Indrapuri yang didampingi Sdr. Sudarmi (Mantri hewan) selaku koordinator kecamatan , menyampaikan beberapa hal menyangkut ancaman Penyebaran PMK (Penyakit Mulut & Kuku)  antara lain yaitu, Ciri-ciri PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan, Demam tinggi, Tidak mau makan, Keluar lendir pada mulut dan berbusa, Luka-luka pada rongga mulut dan lidah, Luka pada kuku dan diakhiri Lepasnya kuku

Dalam giat tersebut Kapolsek Indrapuri dan Bhabinkamtibmas desa Cot kareung berharap kepada masyarakat khususnya pemilik ternak untuk tidak melepaskan ternaknya demi mencegah dari ancaman Penyebaran PMK seperti yang diketahui di daerah lain telah terjadi penyebaran yang begitu cepat serta mengakibatkan kematian pada hewan tersebut.

Untuk hari ini telah ditanggulangi oleh mantri hewan sebanyak 30 ekor di suntik obat antibiotik Untuk mencegah penularan pada hewan ternak lain nya dan jika ada yang terindikasi Agar langsung dilaporkan kepada pihak yang terkait.

Bhabinkamtibmas jg berharap kepada pemilik ternak dalam mengatasi ancaman penyebaran PMK dengan melakukan pemeriksaan rutin,sehingga di Wilayah Aceh Besar khususnya Kec. Indrapuri dapat terhindar dari penyakit PMK.(Ali Sadikin)

Pos terkait

loading...