Perencanaan Pinjaman PEN Dinilai Tidak Memiliki Korelasi Dengan Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Gayo Lues-Deliknews-Munculnya penolakan pinjam dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh sejumlah anggota DPR Kabupaten Gayo Lues ternyata memiliki alasan tersendiri. Pasalnya, setelah dokumen pinjaman tersebut dipelajari dan dicermati pinjaman dana PEN tersebut dinilai tidak memiliki korelasi dengan pemulihan ekonomi masyarakat.

Hal ini, diungkapkan oleh salah satu anggota DPRK Gayo Lues, Drs. H. Abdul Karim, MM, saat di konfirmasi wartawan, Rabu (25/05/2022).

Selain itu, Abdul Karim menyoroti sikap Pemda Gayo Lues yang tidak melibatkan DPRK dalam perencanaan pinjaman tersebut.

“Kami baru mengetahui, ketika pemerintah daerah menyampaikan surat ke DPRK tanggal 16 Februari 2022,” Jelas Abdul Karim.

Beliau menyampaikan, seyogyanya setiap kebijakan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah yang membebani Anggaran Daerah terlebih dahulu dikonsultasikan, dibahas dan dikaji secara bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Apalagi kegiatan ini berpengaruh terhadap kebijakan Anggaran ke depan yang melebihi masa jabatan Bupati Gayo Lues yang akan berakhir pada tanggal 3 Oktober 2022 mendatang yang hanya tinggal lebih kurang empat bulan lagi.

Selain alasan tersebut, sejumlah anggota dewan yang menolak pinjaman tersebut, menilai prosfek anggaran ke depan tidak menggembirakan dikarenakan dana perimbangan ke depan semakin menurun sehingga bila dibebani dengan pengembalian pokok dan beban bunga pinjaman akan semakin menyulitkan cash flow APBK tahun-tahun yang akan datang.

Sejumlah DPRK tersebut akan tetap menolak jika penggunaannya tidak di rubah, untuk disesuaikan dengan kebutuhan pemulihan ekonomi masyarakat, dengan program-program yanag juga dapat menghasilkan PAD dalam menunjang pengembalian pinjaman itu.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Gayo Lues mengusulkan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional dari Kementrian Keuangan senilai 200 miliar dengan pengembalian pinjaman berjangka.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.