Langkah Strategi Mengamankan diri dan sesama di Ruang Digital

Langkah Strategi Mengamankan diri dan sesama di Ruang Digital

 

Webinar bertajub ““Amankan diri dan sesama di Ruang Digital”” dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei 2022. menghadirkan tiga narasumber hebat yaitu, Bapak Ir. A Rizki Sadig, M.Si. selaku Anggota komisi I DPR RI, Bapak Gun Gun Siswadi ( Akademisi Univ Esa Unggul), dan M. Danu Winata, S.Sos, M.A, M.Si (Praktisi Komunikasi dan Digital).

kegiatan ini juga dipimpin langsung oleh moderator hebat ka Happy Andrian, yang akan memimpin jalannya diskusi pada sore hari ini. setelah ceremony pembukaan, bapak Ir, Rizki Sadig yang memberikan sambutan dan paparan yaitu, pak Rizki mengucapkan salam dan menyapa seluruh audience serta narasumber pada kegiatan kali ini, beliau juga mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama maupun berbagi informasi dan ilmu bagi seluruh masyarakat pada saat ini, terutama pada media digitial saat ini, sesuai dengan judul kegiatan pada hari ini, beliau menyampaikan, mari kita amankan diri kita, keluarga kita dan seluruh rekan kita, saya ingin menghimbau dua hal pada siang hari ini yatu, jangan pernah berputus asa dan merasa kurang maksimal dalam menggunakan dunia digital. Karna dunia digital sangat kita butuhkan dalam sehari hari, dari hal yang paling mudah hingga hal yang paling sulit, hal itu membuktikan begitu besarnya peran dunia digital pada masa sekarang, sebagaimana kita harus melek digital, walaupun mungkin saja dari kita banyak yang gaptek atau kurang mengenal digital, mulailah dari sekarang. Di sisi lain, kita juga harus tetap menjaga diri kita keluarga kita, anggota kita di dalam dunia digital, bagaimana kita harus menggunakan digital dengan sebijak bijaknya, jangan sampai kita dunia digital menjadi boomerang bagi diri kita sendiri, terutama Ketika kita menggunakan digital tidak dengan semestinya. Itu saja yang saya sampaikan, tetap semangat, dan semoga kegiatan kegiatan seperti ini, akan terus berlanjut sebagaimana dibutuhkan oleh masyarakat di era seperti ini. Pak Rizki menutup kegiatan dengan salam dan terimakasih.
Paparan materi dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu bapak Gun Gun Siswadi, selaku akademisi universitas esa unggul, beliau memaparkan materi seputar digital dan teknologi berdasarkan kominfo dan cyber yg bertugas mengawasi kegiatan digital di Indonesia. Indonesia di era digital Terjadi semakin pesat di era sekarang dari tahun ke tahun, sehingga setiap aspek masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik, dibutuhkan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam literasi digital tersebut, dan kapasitas anggota masyarakat dapat memanfaatkan Teknologi digital untuk kehidupan sehari harihari.
Platfrom media sosial paling banyak digunakan dan menjadi favorit yaitu terbanyak digunakan yang pertama adalah whatsapp dengan statistik angka 87%. Permasalahan yang terjadi yaitu kemudahan akses informasi tidak akan sejalan dalam menggunakan media social. Kominfo telah memblokir 2.62 juta konten negatif sejak 2018 hingga September 2021, terdiri dari 1.536.346 berasal dari situs dan lainnya dari media social. Orang Indonesia rata rata menghabiskan waktu dengan memengaksed media sosial 3jam 17 menit. hati-hati dengan informasi yang dikirim dengan kode autentikasi dari handphone kita yang membuat kita bebobolan data tersebut. Sebab itu kita sebagai warga dan masyarakat yang menggunakan media digital didalam kehidupan sehari hari, wajib bijak dan bertanggung jawab Ketika kita menggunakan media digital, jangan sampai pemanfaatan media digital menjadi hal yang menyusahkan bagi diri kita semua.
Setelah paparan dari pak Gun Gun, dilanjutkan paparan dari Pak Danu selaku Praktisi Komunikasi dan digital, beliau memaparkan beberapa hal, Berdasarkan hasil survei dari nerast dan young baru baru ini mengnungkapkan bahwa privasi adalah satu hal yang paling mengkhawatirkan. ini lah yang menjadi konsen konsen kepada pihak pihak berwajib 75% dari neart dan young mematangkan hal tersebut :
1. mencegah seseorang berpura pura menjadi kamu. hal yang sering dijumpai diberbagai riset dimana banyak atas nama orang lain privasi cyber belum mendapatkan jaminan yang baik.
2. melindungi data finansial kamu data finansial sudah tersambung dengan internet.kita bisa mengakses tranfer mengakses jual beli.
3. menghindari pencurian dan perampokan
4. melindungi dirimu dari ancaman di masa depanmemeriksa konten konten yang ada di masa lampau.
5. menjaga karir sudah meriset dengan media sosial orang orang tersebut.
beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga privasi di dunia internet :
1. bijak dengan menggunakan wifi, kita tidak tahu tansaksi transaksi tersebut dibuat untuk apan
2. jaringan pribadi maya, pvn adalah alah bisa menjaga data pribadi kita, sesistemnya sudah mulai berprabayar
3. ekripsi
4. password, pengguna media sosial dengan kata pasword pengguna indonesia sekarang mudah ditebak
5. otentikasi 2 langkah, ini yang di jelaskan di berbagai platfom
tips menjaga keamanan data pribadi di media sosial
1. jangan berbagi informasi sensitif
2. persulit cara login ke akun, jangan menggunakan password yang sepele
3. gunakan aplikasi dengan end-to-end encryption, ada telegram ada whatsaap dan berbagai platfom lainnya , kalau tidak menggunakan end-to-end kita sangat mudah terkena sadap dan supaya tidak di salah gunakan
4. selalu cek aplikasi
beberapa hal diatas disampaikan sebagai isi dari tema dan materi pada kegiatan webinar kali ini, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh moderator dengan enam penanya yang masing masing dijawab oleh para narasumber.
Berakhirnya sesi diskusi dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh moderator kepada narasumber, dan diakhiri dengan penutup oleh MC.

Pos terkait

loading...