Wujudkan Visi-Misi Bupati dan Wabup Malaka ITA SAKTI Brand Peningkatan Disiplin Pegawai

Malaka, NTT, deliknews- Peningkatan disiplin pegawai sebagai progam prioritas kepemimpinan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H dan Wakil Bupati (Wabup), Louise Lucky Taolin, S. Sos yang akrab dikenal Kim Taolin dengan tagline SN-KT. Untuk mewujudkan visi-misi dan program SN-KT, ITA SAKTI menjadi brand peningkatan disiplin pegawai lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malaka.

Penjabat Sekda Malaka, Silvester Leto, S.H.,M.H melalui Kabag Organisasi Setda Malaka, Raymon Yani Baria, SE., M.Ec.Dev kepada wartawan di Betun, Senin (30/5/22) mengatakan peningkatan disiplin pegawai baik aparat sipil negara (ASN) maupun tenaga kontrak daerah menjadi program prioritas kepemimpinan SN-KT. Absensi elektronik sudah menjadi perhatian Bupati dan Wakil Bupati Malaka dalam program kepemimpinannya yang disebut SAKTI.

“Sehingga sejak awal, setelah dilantik, bapak bupati dan bapak wakil bupati selalu mengingatkan perlu ada absensi elektronik untuk menjamin disiplin pegawai. Dan itu juga kita tahu dari berita-berita yang dilansir media sejak awal hingga saat ini,” kata Yani demikian akrab dikenal.

Yani mengatakan perlunya brand peningkatan disiplin pegawai lingkup Pemda Kabupaten Malaka. Upaya peningkatan disiplin pegawai perlu di-branding sehingga menjadi spirit dan motivasi bagi para pegawai dalam meningkatkan disiplin waktu dan kerja. “Kita butuh absensi berbasis elektronik. Namanya ITA SAKTI,” sebut Yani sambil menegaskan hal ini perlu di-branding.

Terkait brand ITA SAKTI, Yani menjelaskan filosofinya. “Dalam bahasa Tetun, Ita artinya kita. TAma artinya masuk. Sai artinya keluar. Kantor, yah kantor. Dan on TIme itu bahasa Inggris yang artinya tepat waktu,” beber Yani.

Alasannya, kata Yani perlunya pembinaan mental disiplin pegawai dengan spirit ITA SAKTI dan sarana yang juga disebut SAKTI, absensi yang berbasis elektronik. Dengan demikian, para pegawai “dipaksa” untuk disiplin waktu dan kerja. Hal ini penting, karena berpengaruh terhadap ASN yang Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP).

Ditanya sebutan ITA SAKTI, kata Yani dirinya terinspirasi dengan Program SAKTI kepemimpinan SN-KT yang sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malaka Periode 2021-2026 yang terdiri Swasembada pangan; Adat-istiadat, budaya, agama, seni dan olahraga; Kualitas; Tata Kelola dan Infrastruktur.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.