Ali Sadikin Soroti Polemik Pengangkatan Pj Kepala Desa di Gayo Lues

Deliknews-Gayo Lues-Ketua DPD II Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gayo Lues, Ali Sadikin menyoroti polemik Pengangkatan Pj sejumlah Kepala Desa yang hingga saat ini belum ditunjuk dan dilantik. Kondisi ini membuat sejumlah desa tidak dapat menjalankan pemerintahan desa dengan baik, apalagi menyebabkan mandegnya pencairan keuangan yang berakibat tidak dapat disalurkannya sejumlah bantuan, seperti BLT Dana Desa.

“Banyak laporan masyarakat yang masuk ke kita, terkait hal ini. Apalagi berdampak pada pencairan dana yang notabene saat ini sangat dibutuhkan masyarakat,” Jelas Ali Sadikin.

Ali Sadikin menyebutkan, seharusnya pegangkatan Pj pada desa yang masa jabatan pengulunya sudah berakit secepatnya dapat dilakukan, agar tidak berdampak pada kepentingan masyarakat.

Selain dari lambannya, pengangkatan sejumlah Pj tersebut, dirinya juga menilai soal penunjukan Pj desa, yang sebagaimana dalam surat bupati Nomor: 140/170 tanggal 28 Desember 2021 yang disampaikan kepada Camat. Pj Desa dapat ditunjuk dari Sekretaris Desa, dengan pengecualian apabila tidak bersedia makan akan ditunjuk dari unsur PNS.

“Namun, kita juga menerima laporan, aturan ini terkesan tidak dijalankan, sehingga camat mengusulkan dari PNS. Kondisi iniini,juga dapat membuat permasalahan semakin kacau di Desa, ” Terangnya.

Terkait hal ini, Ali Sadikin meminta kepada sejumlah camat yang bersangkutan, agar segera dapat melakukan penunjukan sesui aturan yang ada.

“Kepada DPR yang membidangi hal ini, kita juga meminta agar dapat menjadi perhatian,” ucapnya(tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.