Kapolda dan Wakapolda Sumsel Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Palembang, Sumsel, deliknews.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto,MH dan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan,SIK,SH MH mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2022 secara Virtual dengan dihadiri Presiden RI dan pejabat negara lainnya dirumah dinas Pejabat Polri Komplek Pakri Palembang, Rabu (01Juni 2022).

Saat dimintai keterangannya Kapolda Sumsel Irjen Pol.Drs Toni Harmanto,MH melalui Kabidhumas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi,MM kegiatan upacara peringatan lahir pancasila 1 juni tersebut diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polda Sumsel serta Para Kepolres/tabes jajaran Sumsel melalui Kanal youtebe BPIP, Face book BPIP, Instagram BPIP dan Live TVRI sedangkan temanya ” Bangkit bersama membangun peradaban Dunia” yang diikuti secara langsung dari lapangan Pancasila ende kotaraja Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT),” jelas Kombes Supriadi Rabu 01/06

Terpisah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022). Pelaksanaan upacara dilakukan di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),

Ini kali pertamanya pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila dilakukan di luar Provinsi DKI Jakarta. Pada tahun sebelumnya, Upacara Hari Lahir Pancasila selalu dipusatkan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana memasuki lapangan upacara pada pukul 06.55 WIB atau 07.55 WITA. Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengikuti upacara secara virtual.

Dalam upacara ini, Jokowi mengenakan pakaian Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam yang merupakan pakaian adat Ende. Adapun Iriana mengenakan perpaduan kain motif berwarna coklat dan ungu tua.

Acara dimulai dengan laporan dari Komandan Upacara Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998 yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi. Kemudian, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus. Sedangkan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bertugas sebagai pembaca do’a.

Upacara di Lapangan Pancasila di Kota Ende ini diikuti oleh pelajar SD, SMP, dan SMA, serta TNI-Polri. Kendati begitu, upacara tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, upacara juga dihadiri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno secara virtual. Hadir pula Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Seperti diketahui, tanggal 01 Juni resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional Lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016.

Pada sambutannya enam tahun yang silam presiden RI Jokowi Alasan penetapan tersebut, kata Jokowi, adalah Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Karenanya, Jokowi menganggap sudah selayaknya diperingati dan menjadi hari libur nasional.

“Ini adalah posisi tertinggi di dalam sebuah negara. Sehingga kita putuskan 1 juni ditetapkan, kemudian diliburkan dan diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila,” ujarnya.

(Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.