Layanan Administrasi Kepegawaian Dengan Menggunakan Aplikasi SOLOK LIA

Malaka, NTT, deliknews – Kegiatan simulasi para kepala sekola, SD dan SMP serta aparutur sipil negara lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbut) Malaka, begitu senang dalam mengikuti simulasi sistem dan layanan administrasi kepegawaian dengan menggunakan Aplikasi SOLOK LIA.

Dalam kegiatan sosialisasi dan simulasi Aplikasi SOLOK LIA untuk Para kepala sekolah yang tergabung dalam Musywarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), di ruang rapat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Jumat,(3/6/2022)

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dikbud Malaka, Yohanes Klau, S.Ip.,M.M dalam arahannya mengapresiasi ide dan inovasi baru yang digagas Sekretaris Dinas Dikbud Malaka, Marselina Klau, S.Ip karena menciptakan sistem dan layanan administrasi kepegawaian dengan menggunakan aplikasi SOLOK LIA.

Dikatakan, aplikasi ini sangat memudahkan pelayanan adminstrasi kepegawaian karena tidak menyita waktu dan tenaga. Aplikasi ini membuat guru tidak meninggalkan kelas dan kepala sekolah fokus menjalankan tugas tambahannya. Selain itu, data terekam dengan baik, terintegrasi dengan data pokok pendidikan dan juga sebagai langkah meningkatkan standar pelayanan publik. Ungkapnya.

Pada tempat yang sama, penggagas Aplikasi SOLOK LIA, Marselina Klau, S.Ip dalam pengantarnya mengatakan aplikasi ini digagas sebagai inovasi perubahan kinerja organisasi yang awalnya belum ada informasi atau pelayanan administrasi kepegawaian yang berbasis digital. Adanya aplikasi ini sebagai wujud komitmen untuk mempercepat pelayanan administrasi kepada guru, tenaga kependidikan dan ASN lingkup Dinas Dikbud Malaka.

“Ini salah satu output pelaksanaan pelatihan kepemimpinan Administratur Angkatan IX Tahun 2022 dengan melakukan aksi perubahan di unit kerja sesuai tugas pokok dan fungsi,” kata Marselina yang menjabat Sekretaris Dinas Dikbud Malaka saat ini.

Selanjutnya, aplikasi ini memiliki manfaat yakni mendapatkan informasi yang lebih cepat, memudahkan komunikasi, menghemat biaya, mempersingkat waktu layanan administrasi kepegawaian, memberi kepastian layanan urusan administrasi terkait waktu, syarat dan biaya serta terciptanya kepuasan dalam pelayanan.

Masih tempat yang sama, Kepsek SMPN 1 Malaka Tengah, Yulius Pekuwali, S.Pd dalam sesi tanya jawab mengatakan senang karena Aplikasi SOLOK LIA mudah dan gampang digunakan. “Kami bisa membuka sendiri,” kata Yulius sambil menambahkan aplikasi ini juga sangat membantu para guru untuk mengurus administrasi kepegawaian karena tidak meninggalkan ruang kelas saat jam pelajaran berlangsung.

Koordinator Pengawas, Matias Tonas, S.Pd juga menegaskan mudah menggunakan Aplikasi SOLOK LIA. Namun, perlu dilakukan uji coba yang melibatkan para operator sekolah. Karena, urusan aplikasi dalam layanan administrasi kepegawaian dominan dilakukan operator sekolah. Sehingga, para guru lebih fokus dalam pembelajaran di kelas dan kepsek konsen dalam tugasnya.
(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.