HIPPA Klumpit Berkah Desa Klumpit Bangun Saluran Irigasi Dari P3-TGAI, Guna Optimalkan Hasil Pertanian.

Keterangan Foto : Pembangunan saluran Irigasi dari Program P3-TGAI yang dikerjakan oleh "HIPPA Klumpit Berkah" Desa Klumpit Tahun Anggaran 2022 (deliknews.com)

Kontributor : M.Taufiq
Editor : DYN

Madiun,deliknews.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis Ekonomi. Melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah Pedesaan.

Kelompok Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) “Klumpit Berkah” Desa Klumpit Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Realisasikan Pembangunan Saluran Irigasi tersier dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2022.

Sarjono selaku Ketua HIPPA “Klumpit Berkah” saat dikonfirmasi Awak Media ini Senin(20/06/2022), mengatakan program P3-TGAI tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Solo (BPPTPDAS).

” Program P3-TGAI yang digelontorkan oleh PUPR sebesar Rp.195 Juta tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur saluran irigasi persawahan dengan panjang 310 Meter.” Ungkapnya

Pembangunan saluran irigasi dari Program P3-TGAI yang di kerjakan oleh HIPPA “Klumpit Berkah” dengan panjang 310 Meter.

Dengan harapan untuk membantu para petani mendapatkan sumber air ketika musim tanam tiba, dan utamanya di musim kemarau,
Sehingga pembangunan saluran irigasi di persawahan tersebut menjadi prioritas sebagai kebutuhan dasar di sektor pertanian.

” Ketersediaan air yang mencukupi merupakan faktor penting  bagi  pertumbuhan  tanaman dengan harapan tanaman dapat hidup dengan subur dan hasil panen pertanian bisa lebih maksimal.” Imbuh Sarjono

Sementara itu Kepala Desa Klumpit Sugiono, S.Pd.Mengungkapkan Bahwa dengan adanya Program P3-TGAI Tahun Anggaran 2022 dari Pemerintah tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi Petani di Desanya.melalui Program Padat Karya Tunai (PKT).

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah karena dengan adanya Program P3-TGAI ini dapat meningkatkan Produktifitas pertanian dan pemberdayaan masyarakat.
Serta pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar.” Pungkasnya

 

 

Pos terkait

loading...