KTT G20 Momen Penting Atasi Krisis Global

KTT G20 Momen Penting Atasi Krisis Global

Oleh : Safira Juliana

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Bali, Indonesia pada 15-16 November 2022 akan menjadi momen penting untuk mengatasi krisis global.

Pada KTT G20 ini, Indonesia bertindak sebagai pemimpin atau presidensi menggantikan Italia sejak 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022 mendatang.

KTT G20 adalah forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan. Anggota G20 adalah negara-negara yang merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia.

KTT G20 berawal sebagai pertemuan di Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, pada tahun 1999. Pertemuan ini semakin intens dan menjadi agenda KTT Tahunan yang diikuti oleh Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan setiap Negara Anggota G20.

Tahun ini dunia tengah mengalami krisis pasca Pandemi Covid-19, dan terjadinya konflik antara Rusia-Ukraina. KTT G20 dapat menjadi solusi tepat untuk menyelesaikan krisis global yang melanda banyak negara di dunia saat ini.
Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai ketua presidensi G20 dalam kunjungannya menghadiri KTT G7 di Jerman. Presiden mengatakan bahwa Indonesia akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia. Presiden melanjutkan bahwa upaya ini tidak mudah, namun Indonesia akan terus berupaya yang terbaik.
Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen juga mengungkapkan hal yang senada dengan Presiden Joko Widodo. Dirinya menuturkan bahwa KTT G20 dapat menjadi kesempatan bagi negara anggota untuk berbicara langsung dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin mengenai konflik negaranya dengan Ukraina.
KTT G20 tidak hanya penting bagi negara-negara maju, melainkan juga untuk negara-negara berkembang. Karena dalam KTT G20 banyak kerjasama yang bisa dibahas oleh para pemimpin negara anggota. Kerjasama antar negara kumpulan ekonomi utama dunia dapat memiliki kekuatan politik dan ekonomi, serta memiliki kapasitas untuk mendorong pemulihan pasca Covid-19. KTT G20 juga dapat menjadi cara untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan.
Sebagai Presidensi G20, Indonesia mengusung tema Recover Together, Recover Stronger yang bermakna pulih bersama, dan bangkit perkasa. Dengan tema ini Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.
Semoga KTT G20 dapat menjadi cara jitu bagi Indonesia dan setiap negara anggota untuk bangkit mengatasi segala krisis global yang melanda dunia saat ini. Kelak kita harap kehidupan dunia dapat lebih tentram dan damai, tanpa peperangan dan Covid-19.

)* Penulis adalah Kontributor untuk Pertiwi Institute

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.