SIG Ghopo Tuban Komitmen Laksanakan Pertambangan Ramah Lingkungan

Tuban, Jatim, deliknews – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban terus berkomitmen melaksanakan pertambangan yang ramah lingkungan. Hal tersebut disampakan EVP of Plant Operasional SIG Ghopo Tuban, Subhan, SE., AK., MM., CA pada Webinar Perlindungan Lingkungan Pertambangan 2022.

Pada kegiatan rangkaian peringatan hari lingkungan hidup tahun 2022 tersebut sebagai pembicara adalah Sub Koordinator Perlindungan Lingkungan Batubara Ditjen Minerba – Kementerian ESDM, Nur Anbiyak, S.T., M.Sc. dan Inspektur Tambang Ahli Madya Ditjen Minerba – Kementrian ESDM, Ir. Hadi Soerahman, M.T. Selain itu, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Dr. Nurkholis, S.Sos., M.Si. dan Kepala Bidang Tata lingkungan, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Juli Wibowo, S.T., M.T.

Subhan mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni 2022 dengan tema international “ Only One Earth” dan tema nasional “ Satu Bumi Untuk Masa Depan”. Makna Tema ini menjadi pengingat serta upaya yang lebih besar untuk menjaga bumi, karena satu bumi untuk masa depan. Hal ini merupakan momentum refleksi seluruh dunia dalam mengambil peran secara kolektif bersama-sama demi lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan.

“Berbagai kegiatan kita laksanakan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup, antara lain, Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Enviroment Campaign melalui pemasangan spanduk, poster, media social, House Keeping di Area Workshop, Penanaman Pohon Bersama di Area Pasca Tambang, dan berbagai kegiatan lainnya,” ujar Subhan.

Menurutnya, Ghopo Tuban terus berkomitmen untuk mengembangkan areal yang sudah selesai ditambang untuk dikelola secara bertanggung jawab melalui kegiatan reklamasi, revegetasi di lahan pasca tambang. Sampai dengan saat ini, Reklamasi Pasca Tambang seluas 315,24 Ha yang telah dilakukan dapat membuktikan bahwa kerusakan lingkungan itu bisa diminimalkan bahkan menjadi hasil yang lebih baik dari rona awal sebelumnya.

“Komitmen ini juga sejalan dengan program dekarbonisasi SIG dalam membantu CO2 Reduction sebanyak 61.380 ton/tahun di area Pasca Tambang Ghopo Tuban,” ungkapnya.

Upaya tersebut telah mendapatkan apresiasi dengan perolehan reward yang dicapai oleh Ghopo Tuban di Tahun 2021 pada Aspek Perlindungan Lingkungan Pertambangan mulai dari Subroto Award dari Kementerian ESDM untuk Inovasi Teknis dan Lingkungan , Tropy Terbaik & Aditama Award pada ajang GMP Award untuk Aspek Perlindungan Lingkungan Pertambangan, serta Proper Hijau dari Kementerian LHK, dan beberapa pencapaian lainnya.

“Semoga kita semua dapat meningkatkan operasional yang ramah lingkungan serta mewujudkan Good Mining Practices yang telah diamanahkan oleh Pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Dr. Nurkholis, S.Sos., M.Si melihat selama ini kegiatan pertambangan dan reklamasi yang dilakukan SIG cukup bagus dan telah sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kita berharap area bekas tambang bisa bermanfaat untuk masyarakat dan sumber ekonomi. Bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata seperti Bukit Jaddih di Bangkalan, Wisata Alam Setigi, di Skapuk, Gresik, Bukit Hollywood, Gresik, dan lainnya,” ujar Nurkholis.

Pada kegiatan webinar tersebut para narasumber menyampaikan tata cara pertambangan dan reklamasi, dasar hukum pertambangan dan reklamasi lahan pasca tambang, serta pemanfaatan kegiatan reklamasi dan pasca tambang untuk hidup berkelanjutan yang harmonis dengan alam. (jati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.