Polres Aceh Besar Ungkap Kasus Illegal Logging, Tiga Orang di Amankan

Deliknews-Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Aceh Besar berhasil mengungkap dan mengamankan Tiga orang tersangka kasus Illegal loging di Desa Meunasah Tunong, Kecamatan Seulimun. Bersama tersangka polisi turut mengamankan Satu unit Truck Mitsubishi yang digunakan pelaku untuk mengangkut gelandongan rimba campuran tanpa dilengkapi dokumen.

Kapolres Aceh Besar, AKBP. Charlie Sahputra Bustaman, S.I.K, MH, menjelaskan identitas tersangka, yakni inisial IS umur 23 yang merupakan seorang pelajar atau mahasiswa, alamat Desa Pulo, Kecamatan Seuliman, Aceh Besar dan berperan sebagai sopir, inisial MY umur 24 Tahun pekerjaan petani, warga Dusun Meunasah, Desa Pulo, Kecamatan Seuliman, Aceh Besar, berperan sebagai kernet atau pemuat kayu, serta inisial MA umur 19 Tahun, bekerja sebagai petani, warga Dusun Meunasah, Desa Pulo, Kecamatan Seulimun, Aceh Besar.

Adapun barang bukti Truck yang diamankan dengan Nopol BK 8026 XD warna kuning, seta 8 batang kayu glandongan.

Mereka diamankan di Jalan Lamkabe, Kecamatan Seulimun, Aceh Besar, pada hari Minggu, 24 Juli 2022 sekira pukul 00:30 WIB.

Adapun kronologis yakni, walnya pada hari dan tanggal tersebut diatas sekira pukul 00.00 Wib, Tim mendapat informasi tentang 1 (satu) unit mobil truck pengangkut kayu ilegal yang sedang melintas dari arah Lamteba menuju Samahani yang kemudian dari informasi tersebut Tim melakukan penyelidikan terkait informasi tersebut yang  kemudian pada saat Tim sedang melintas di kawasan Jalan Lamkabe, kemudian Tim melihat 1 (satu) unit Mobil Mitsubhisi warna Kuning dengan Nopol BK 8026  XD. kemudian oleh Tim menghentikan mobil tersebut dan melakukan pemeriksaan dan ditemukan 8 (delapan ) batang kayu Gelondongan jenis rimba campuran diperkirakan sebanyak 2 meter kubik yang di muat di dalam bak belakang dan ketika Tim menanyakan perihal dokumen tersangka tidak dapat menunjukannya, kemudian tersangka beserta barang bukti langsung diamankan oleh Tim.

Dari hasil interogasi para tersangka diperoleh keterangan bahwa kayu gelondongan tersebut dibawa dari Lamteuba Kab. Aceh Besar, menuju ke penampung An. Inisial G (msh dalam pencarian) di Samahani Kab. Aceh Besar.

Selanjutnya tersangka beserta dengan barang bukti telah diamankan ke Sat Reskrim Polres Aceh Besar, guna penyidikan lebih lanjut. Pelaku di persangkakan Pasal 83 ayat 1 huruf (B) jo pasal 12 huruf (E) UU RI No 18 tahun 2013 Tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.(b.aceh)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.