Ada apa Dibalik Mutasi Inspektur pada Inspektorat Gayo Lues

Gayo Lues-Deliknews-Dimutasinya inspektur pada Inspektorat Kabupaten Gayo Lues, Aceh, yang kemudian digantikan oleh PLT menimbulkan tanda tanya dikalangan publik. Tidak terkecuali oleh Ketua DPD PAN Gayo Lues, Ali Sadikin. Beliau mempertanyakan atas mutasi jabatan Inspektur pada Inspektorat tersebut.

“Ada apa dengan mutasi hingga harus digantikan dengan PLT, ” kata Ali Sadikin, Senin (08/08/2022).

Meskipun mutasi harus dilakukan, namun seharusnya Inspektur pada Inspektorat tersebut tidak dapat dijabat oleh pejabat Eselon III.  Sebagaimana diketahui PLT pada Inspektorat tersebut diduga merupakan pejabat Eselon III.

Seharusnya, jabatan tersebut hanya dapat diisi oleh pejabat Eselon II B yang setara dengan Inspektur. Karena, apabila jabatan dibawah Eselon II dikhawatirkan tidak dapat menjaga rahasia negara, juga enggan dalam menjalankan tugas atau pemeriksaan terhadap jabatan yang lebih tinggi dari jabatannya.

Selain itu, sesuai SE kemendagri Nomor 800/4070/SJ, 15 Juli 2020, disebutkan dalam Pasal 3 Huruf B Bupati/Walikota sebelum melaksanakan pemberhentian, atau mutasi Inspektur Daerah Kabupaten/kota dan Inspektur Pembantu daerah Kabupaten/Kota terlebih dahulu berkonsultasi secara tertulis kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

“Apakah hal tersebut sudah dilakukan,” tanya dia.

Atau mutasi tersebut disebabkan adanya permasalah terkait berbagai pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat dalam menjalankan tugasnya di Kabupaten Gayo Lues?

Menyikapi berbagai persoalan, Ali Sadikin turut meminta Pj Gubernur Aceh untuk mengevaluasi kinerja, khususnya pemerintah Kabupaten Gayo Lues(b.aceh)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.