Semakin Matang, APJII Bali Gelar FGD Pengembangan NIE

Focus group discussion APJII Bali.

Denpasar – Semakin matang, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Bali dalam memberikan pelayanan internet, khususnya kepada masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Kali ini, kembali APJII menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Peningkatan Kualitas Sumber Daya Indonesia Internet Exchange (IIX) Bali, bertempat di Hotel Vasini, WR Supratman Denpasar Bali, Jumat (12/8/2022).

Ketua APJII Bali Nusra, Ryan Soma mengatakan, FGD ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya diharapkan dapat memberikan kontribusi dengan adanya program pengembangan Node Internet Exchange (NIE) dengan melibatkan anggota penyelenggara APJII yang beroperasi di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara.

“Kegiatan Focus Group Discussion (FGD, red) ini dapat memberikan edukasi agar terciptanya kolaborasi yang menjadi simpul utama dalam mengembangkan wilayah yang belum tercover oleh jaringan internet dengan Anggota Penyelenggara APJII dan pihak terkait lainnya dengan pengoptimalan layanan Indonesia Internet Exchange (IIX, red),” ungkap Ryan Soma.

Sementara, I Made Samba, selaku Skretaris APJII Bali didampingi Ni Putu Ayu Suri Intaning Dewi, selaku Bendahara APJII Bali menambahkan, untuk di Bali sebelum melakukan pengembangan Node Internet Exchange, para pengurus APJII Bali telah melakukan restruktur dan evaluasi yang menjadi tugas penting dan menjadi program kerja di tahun 2022 ini melalui peningkatan sumber daya baru.

“Perlu saya tambahkan bahwa IIX ini secara infrastruktur itu adalah menjadi aset dari APJII Pusat. Namun, secara kewenangan untuk tata kelola dan improvisasi itu menjadi kewenangan pengurus wilayah. Jadi kami berpikir hal ini tidak cukup dibuat oleh pengurus saja sehingga diperlukan kolaborasi antara pengurus dan anggota yang mewujudkan IIX Bali kedepan dapat berjalan dengan baik,” tambahnya. (AAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.