Dugaan ‘Korupsi’ Pengadaan TIK Dinas Pendidikan

Makassar,Deliknews
Dugaan ‘korupsi ’ pengadaan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tahun 2021 pada Dinas Pendidikan Kota Makassar. mencuat sejumlah LSM di Makassar mencium aroma korupsi pada proyek tersebut
Menurut sumber ,bahwa pengadaan peralatan TIK ini diduga disimpan pada salah satu sekolah dasar di Kecamatan Mamajang dan di Kecamatan Tamalanrea untuk selanjutnya Pejabat Pembuat Komitmen mengintruksikan kepada para Kepala Sekolah agar mengambil barang tersebut sesuai daftar kebutuhan yang telah diserahkan terlebih dahulu ke PPK.
Sementara petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tehnis barang tersebut langsung didistribusikan kepada sekolah penerima barang, diduga pihak PPK mencoba mengambil keuntungan sepihak dengan cara menghilangkan biaya distribusi barang ke sekolah-sekolah penerima barang.
Begitu pula dengan peyimpanan barang, yang seharusnya barang yang telah diadakan dari anggaran DAK TIK wajib disimpan pada Dinas Pendidikan Kota Makassar untuk selanjutnya di Inventarisir dan didistribusikan ke sekolah.terlampir berita acara penyerahan barang Namun barang tersebut diduga disimpan pada salah satu ruang Sekolah Dasar di Kecamatan Mamajang dan di Tamalanrea sehingga diduga hal itu sengaja dilakukan untuk menghindari penolakan dari sekolah penerima atas ketidaksesuaian barang dengan kebutuhan sekolah baik dari segi spesifikasi, maupun kwalitas dan harga, itu dapat dibuktikan dari sekolah yang seharusnya mendapatkan lebih dari tiga Item barang namun pada kenyataan cuma satu jenis barang, sehingga tidak jarang pihak sekolah mengeluh atas pengadaan tersebut.

Pemerhati aset milik pemerintah RS Gani SH saat di temui pekan lalu mengatakan bahwa permasalahan TIK diduga tidak terlepas dari peran PPK dan Kabag untuk mengarahkan pengadaan barang ke satu Perusahaan Siplah dengan adanya dugaan kesepakatan fee, begitu pula dalam mempengaruhi dan mengarahkan para kepala Sekolah untuk memilih dan menentukan perusahaan Siplah dalam belanja Dana BOS Afirmasi.
Bahwa disini turut diduga telah terjadi dugaan monopoli dan persengkokolan dalam pengadaan yang berbasis anggaran DAK, baik BOS Afirmasi maupun Pengadaan TIK yang bisa saja akan berdampak pada tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,”ujarnya.

Oleh karena itu, RS Gani SH berharap, aparat penegak hukum masuk mendalami pengadaan peralatan TIK sekolah dasar tahun dalam rangka mengusut dugaan korupsi dan adanya potensi kerugian Negara.
Sementara itu, media ini mencoba melakukan konfirmasi dan klarifikasi terkait pengadaan peralatan TIK kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar namun hingga berita ini diturunkan Kadis belum berhasil di temui ( Tim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.