Papua Muda Inspiratif Menampung Bakat Generasi Muda

Papua Muda Inspiratif Menampung Bakat Generasi Muda

Oleh : Rebecca Marian

Papua Muda Inspiratif (Youth Creative Hub) adalah tempat bagi para pemuda Papua untuk menyalurkan bakatnya. Tak hanya di bidang seni, mereka juga dilatih agar menjadi pengusaha muda yang mandiri. Dengan program ini maka diharap orang asli Papua (OAP) memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas tinggi.

Putra Papua adalah putra Indonesia dan mereka sudah membuktikan kecerdasannya, bahkan di level dunia. Di antaranya ada Raema Lisa Rumbewas yang meraih medali perak olimpiade.

Selain itu ada Gracia Billy Mambrasar, yang sempat menunjukkan suara emasnya di sebuah ajang pencarian bakat, dan sekarang menjadi staff khusus milenial Presiden Jokowi.

Lisa dan Billy membuktikan bahwa pemuda Papua memiliki kemampuan, baik di bidang seni maupun olahraga. Selain mereka, ada banyak pemuda Papua yang memiliki potensi besar. Potensi dan bakat ini perlu diasah, dan akhirnya dikumpulkan jadi satu wadah di program Papua Mud Inspiratif alias Youth Creative Hub.

Papua Muda Inspiratif didirikan oleh 21 pemuda dan pemudi Papua, yang berasal dari berbagai bidang. Diharap dengan adanya program ini maka talenta para pemuda di Bumi Cendrawasih jadi tertampung. Selain itu mereka akan dilatih untuk mandiri, sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Papua.

Pendiri utama Papua Muda Inspiratif adalah Paskalis Pigai, seorang fotografer dan desainer. Ia berhasil membuat desain mesin pemecah biji pala. Kemudian ia juga menggandeng kawan-kawannya yang lain seperti Yane Ansanay. Yane memecahkan rekor karena menjadi doktor di bidang fisika yang pertama di Papua, dan ia menghapus mitos bahwa ilmu sains hanya bisa ditekuni oleh laki-laki. Perempuan juga bisa jadi fisikawan.

Direktur Papua Muda Inspiratif, Billy Mambrasar, menyatakan harapannya bahwa Papua Muda Inpiratif bisa menjadi Sillicon Valley-nya Indonesia. Sillicon Valley adalah tempat di mana muncul pengusaha-pengusaha bidang teknologi informasi. Sedangkan Papua Muda Inspiratif tak hanya melatih di bidang teknologi, tetapi juga bisnis dan manajemen.
Langkah pertama di Papua Muda Inspiratif memang di bidang teknologi, dan diharap muncul banyak perusahaan start-up berlevel unicorn dan decacorn alias sudah kelas kakap. Start up dipilih karena usaha ini bukan hanya sedang viral, tetapi juga mampu menghasilkan. Dengan bisnis di bidang teknologi informasi, maka diharap menghasilkan dollar yang banyak, dan memakmurkan warga Papua.
Dengan pengajaran mengenai teknologi informasi di Papua Muda Inspiratif maka menunjukkan bahwa warga Papua juga memiliki kecerdasan tinggi. Mereka bisa dilatih untuk melek internet dan menggunakannya untuk berbisnis dalam skala internasional. Pameo bahwa anak Papua adalah terbelakang salah besar, karena mereka punya potensi yang bagus.
Selain belajar mengenai teknologi informasi, di Papua Muda Inspiratif juga diajarkan tentang pengembangan diri, seperti cara berkomunikasi yang baik (menggunakan bahasa Inggris), bagaimana teknik internet marketing, cara mengelola bisnis, dll. Diharap para lulusan program ini akan berilmu sekaligus bisa membawa diri di masyarakat. Mereka tahu cara bergaul dan memasarkan jualannya di dunia maya.
Gedung utama Papua Muda Inspiratif memiliki desain yang sangat unik, karena merupakan perpaduan dari berbagai rumah adat yang ada di Bumi Cendrawasih. Di sana para pemuda tak hanya belajar tentang bisnis, marketing, dan teknologi. Namun juga kesenian dan disediakan pula galeri untuk menampung karya seni tersebut.
Para pemuda yang mengikuti program Papua Muda Inspiratif tidak usah khawatir karena tersedia asrama di dekat gedung pusat. Sementara itu, murid yang diterima tidak hanya orang asli Papua. Namun juga pemuda-pemuda dari luar wilayah Bumi Cendrawasih. Dengan disatukan dalam asrama maka diharap mereka bisa membaur dan bergaul walau suku dan latar belakangnya berbeda-beda.
Ketika Papua Muda Inspiratif diresmikan oleh Presiden Jokowi, tanggal 28 Oktober 2019, beliau mendukung pembangunan dan inovasi anak muda Papua. Program ini sangat bagus bagi pelaku usaha dan pebisnis di bidang teknologi. Tujuannya baik karena demi kemakmuran Papua dan masa depan warga di Bumi Cendrawasih yang lebih baik.
Pemerintah mendukung penuh program Papua Muda Inspiratif dan menyediakan sebagian dana APBN untuk kelancaran program-programnya. Dengan dukungan pemerintah maka diharap Papua Muda Inspiratif akan makin lancar, dan meluluskan banyak pengusaha muda tiap tahun. Mereka tidak hanya paham cara berbisnis dan memanfaatkan teknologi, tetapi juga cara untuk berkomunikasi dengan klien di seluruh belahan dunia.
Billy Mambrasar dan kawan-kawan membuktikan bahwa pemuda Papua mampu untuk bersaing di kancah internasional. Ia juga sudah membalas budi, karena pernah dikuliahkan ke Universitas Harvard dengan beasiswa dari pemerintah. Sekarang ia melatih para pemuda Papua agar terus berkarya dan memajukan daerahnya.
Dengan program Papua Muda Inspiratif maka para pemuda dan pemudi Papua bisa belajar cara internet marketing dan membangun bisnis di bidang teknologi informasi. Potensi mereka akan terasah dan menjadi pengusaha kelas internasional. Diharap Papua akan makin maju karena pemuda-pemudanya kreatif dan semangat untuk membangun Bumi Cendrawasih.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.