Indonesia Siap Gelar P20 di Jakarta

Indonesia Siap Gelar P20 di Jakarta

Oleh : Oka Rizki

Indonesia siap menggelar forum internasional P20 atau forum parlemen negara-negara G20 di Jakarta. Banyak sekali pembenahan dan perbaikan yang telah dilakukan, mulai dari segi infrastruktur hingga keamanan agar forum global tersebut bisa dilaksanakan dengan aman dan nyaman.

Secara resmi, kick off meeting P20 bahkan sudah mulai dilakukan sejak tanggal 15 Juni 2022 lalu dan langsung dibuka oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Karena memang menjadi Presidensi dalam G20 tahun ini, maka DPR RI juga menjadi tuan rumah gelaran Parliamentary Speakers Summit (P20) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 6 hingga 7 Oktober mendatang.

Dalam gelaran P20 yang akan dilaksanakan di Jakarta tersebut, Puan menyampaikan bahwa setidaknya terdapat empat isu prioritas yang akan benar-benar difokuskan dalam pembahasan yang akan dihadiri langsung oleh ketua-ketua parlemen anggota P20. Beberapa isu prioritas tersebut adalah mengenai pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Bukan tanpa alasan isu-isu tersebut dipilih sebagai prioritas pembahasan. Pasalnya, wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri PMK itu menambahkan bahwa memang tujuan utamanya adalah untuk terus mendorong terjadinya pemulihan sekaligus membawa misi pembangunan masa depan yang lebih kuat dan lebih solid.

Di sisi lain, kekuatan Indonesia di P20 memiliki tiga tujuan. Berupa, meningkatkan dimensi parlementer untuk mendukung agenda-agenda global, serta mendorong interaksi dan kerja sama yang lebih erat antara pemerintah dan parlemen dalam implementasi hasil-hasil pertemuan G20.
Dengan tegas, Ketua DPR RI itu menyatakan bahwa Indonesia sendiri akan terus menunjukkan kesiapan dan kemampuannya untuk bahkan menjadi pemimpin di dunia internasional. Kesempatan gelaran P20 menurutnya juga merupakan sebuah bukti konkret yang mampu menunjukkan antara lembaga legislatif dan juga eksekutif di G20, keduanya bisa berjalan dengan beriringan.
Bahkan, sejak tahun 2021 lalu saja, tatkala P20 masih diselenggarakan di Roma, Italia, Puan Maharani menyatakan kalau DPR RI sudah sangat siap menerima semua tamu delegasi ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya saat dirinya menerima tongkat estafet untuk melanjutkan pergelaran P20 selanjutnya di Tanah Air.
Dengan Tegas, Ketua DPR RI tersebut menyatakan kalau Indonesia sudah sangat siap dan akan kembali melanjutkan bagaimana kesuksesan Presidensi G20 Italia, termasuk juga bagaimana kesuksesan mereka ketika menyelenggarakan P20.
Pada kesempatan berbeda, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), memastikan bahwa memang DPR RI sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah dalam forum P20 tersebut. Menurutnya DPR terus melakukan pembenahan agar bisa menampilkan wajah terbaik Indonesia tatkala pertemuan tersebut dilaksanakan.
Anggota BKSAP DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri menyatakan bahwa ajang P20 merupakan sebuah gelaran yang sangatlah bergengsi. Maka dari itu Indonesia sendiri akan benar-benar menunjukkan bagaimana kemampuannya dalam memimpin dan menyelenggarakan forum dengan sangat baik, termasuk juga bagaimana kontribusi untuk kepentingan nasional dalam diskusi internasional.
Beberapa persiapan pun juga secara konkret dilakukan, yakni salah satunya adalah pada segi infrastruktur demi bisa menyambut seluruh tamu delegasi dengan baik. DPR RI menggencarkan pengaspalan jalan di kompleks parlemen dan juga dilakukan beberapa perbaikan pada sejumlah gedung dan ruangan.
Bukan hanya itu, namun Irine menambahkan bahwa terdapat pula perbaikan pada beberapa bagian interior, utamanya yang memang menjadi Ruang Rapat Paripurna dan venue utama P20. Seluruhnya sudah dipersiapkan dengan sangat detail mulai dari bagaimana hal teknisnya. Semua itu demi bisa memberikan kenyamanan dan juga menjamin bahwa gelaran P20 di Jakarta menjadi pertemuan yang sangat berkualitas untuk seluruh delegasi.
Irine juga menegaskan bahwa hanya dengan bekal persiapan yang sangat matang, maka sama saja Indonesia telah menunjukkan bagaimana keseriusannya sebagai tuan rumah pegelaran P20 tersebut. Semua itu juga menyangkut bagaimana upaya Indonesia untuk terus menjaga nama baiknya dalam forum global.
Terkait aspek keamanan sendiri, menurut anggota BKSAP tersebut, DPR sudah sangat siap dan akan mampu mengkondisikan dengan sebaik mungkin. Bagaimana tidak, pasalnya Indonesia juga sempat menjadi tuan rumah dalam forum global, yakni tatkala pergelaran Inter-Parliamentary Union ke-144 dan nyatanya memang DPR RI mampu dengan sukses besar melaksanakannya meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Karena aspek keamanan yang sangat terjamin tersebut, bahkan dunia sampai mengakui bagaimana kecakapan Indonesia dalam pengendalian dan pengamanan pandemi Covid-19 sehingga forum-forum tingkat global bisa diselenggarakan dengan aman dan nyaman.
Maka tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa memang Indonesia sendiri bahkan sudah sejak lama mengaku sangat siap untuk menjadi tuan rumah dalam forum P20. Lantas bukan hanya sekedar ucapan, namun pihak DPR RI juga langsung banyak melakukan pembenahan dan persiapan, termasuk juga dari segi penampilan, tata ruang hingga infrastruktur dan juga dari segi keamanan. Semua hal tersebut menjadi bukti bagaimana kesiapan Indonesia untuk menerima seluruh tamu delegasi P20 di Jakarta.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *