NTT  

Jangan Katakan Perbup Pilkades Malaka Ciptakan Rawan Kericuhan

Malaka, NTT, deliknews – Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Malaka dapat menjamin transparansi proses dan tahapannya. Sehingga, jangan katakan Perbup Pilkades Malaka tersebut menciptakan rawan kericuhan.

Demikian simpulan pendapat yang dikemukakan Kapolres Malaka, AKBP Rudy Junus Jacob Ledo, S.H.,S.IK dan Pemuda asal Kecamatan Malaka Tengah, Mans Nahak kepada wartawan secara terpisah dalam pekan ini.

Kapolres Rudy Junus Jacob Ledo dalam silaturahmi dalam rangka Safari Kamtibmas di Dusun Ikumuan Desa Besikama Kecamatan Malaka Barat, Kamis (17/11/2022) Pilkades membutuhkan perhatian semua pihak. Bakal calon kepala desa, tokoh adat, aparat keamanan dan masyarakat dimbau agar menjaga suasana jelang Pilkades.

Secara khusus, kata Kapolres Malaka bakal calon kepala desa agar selalu belajar dan mengikuti seleksi dan tahapan sesuai aturan. Pasalnya, proses dan tahapan Pilkades sudah ada di tingkatan Panitia Pilkades Kabupaten Malaka saat ini.

Pemuda Kecamatan Malaka Tengah, Mans Nahak kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022) menegaskan semua pihak perlu menjaga situasi dalam proses dan tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Malaka.

“Kita tidak sebatas katakan Perbup Pilkades itu punya peluang ciptakan rawan kericuhan. Karena, aturannya, jelas. Sehingga mari ikuti proses sesuai aturan mainnya. Dan saya optimis akan transparan Pilkades,” jelas Mans terkait kontestasi politik Pilkades menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat.

Mans juga memantau situasi penerimaan berkas bakal calon kepala desa yang berlangsung di dua tempat masing-masing aula Kantor Bupati Malaka dan aula Kantor Camat Malaka Tengah, Sabtu (19/11/2022).

“Cukup ramai, dan semua bakal calon hadir. Kecuali, Desa yang jumlah bakal calonnya lima atau kurang dari lima orang,” lanjut Mans sambil mengajak para bakal calon kepala desa untuk mengikuti proses dan seleksi sesuai Perbup 31 Tahun 2022 yang kini sudah diperbaharui dengan Perbup Nomor 45 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Malaka.(Dami Atok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *