Kejuaraan Dunia Esports Terbesar Dalam Sejarah Resmi Di Buka Di Bali

Ketua Umum PB ESI Budi Gunawan yang diwakili Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo resmi membuka Kejuaraan Dunia Esports terbesar didunia yang diselenggarakan secara Outdoor di Pulau Dewata Bali pada Jumat Malam 2/12/2022.

Dalam sambutannya, Ketum PB ESI Budi Gunawan yang diwakili Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo mengatakan kebanggaannya kepada ekosistem Esports Indonesia karena telah membuktikan bahwa dunia kini memperhitungkan dan menjadikan Indonesia Barometer Esports Internasional.

Menurutnya pencapaian tersebut tidak mudah namun berkat kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk dukungan dari Pemerintah, PB ESI, dan seluruh ekosistem Esports Indonesia sehingga Kejuaraan Dunia Esport tahun 2022 dapat terselenggara di Bali.

Selain itu, dengan hadirnya 106 negara dalam kejuaraan dunia Esports di Bali juga membuktikan antusiasme dunia Internasional sangat tinggi terhadap olah raga ini serta menjadikan Indonesia mengukir sejarah baru di Guinness Book World of Record dengan keikutsertaan negara terbanyak dalam Kejuaraan Dunia Esports.

Dengan diselenggarakan World Esports Championship ke – 14 di Bali dapat memotivasi atlet – atlet Esports diseluruh Indonesia sehingga Esports Indonesia dapat menjadi _Leading_ di kancah Internasional, harap Bambang Sunarwibowo.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo mengatakan Esports menjadi sebuah industri olahraga yang mampu menjadi pendorong maraknya kembali ekonomi kreatif, dan parawisata melalui konsep sports, tourism, promosi, budaya bangsa di kancah dunia melalui perkembangan gim lokal karya anak bangsa.

Berkembangnya Esports juga membuka jenjang karir yang luas serta menciptakan profesi – profesi baru yang menuntut berbagai kecerdasan, ketangkasan, kedisiplinan, intelektualitas, dan integritas, ucap Bambang.

World Esports Championship ke – 14 yang diadakan di hotel Merusaka Nusa Dua Bali berlangsung mulai 2 Desember dan diakhiri pada 11 desember 2022 dengan memperebutkan 6 nomor gim, antara lain: Tekken 7, Dota 2, Mobile Legend: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Kejuaraan dunia kali ini sedikitnya diikuti 600 peserta yang memperebutkan nominal hadiah yang besar.

Pada acara pembukaan Esports tahun ini dihadiri juga oleh artis ternama Indonesia Rafi Ahmad dan Atta Halilintar serta dimeriahkan juga oleh Wizzy, Alffy Rev, dan Ecko Show.

Sebelumnya berbagai prestasi telah diraih PB ESI sejak dibawah kepemimpinan Ketua Umum Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan yang saat ini, PB ESI sudah memiliki cabang di 34 provinsi dan 512 kabupaten di seluruh Indonesia. Di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, dunia esport Indonesia telah banyak sekali meraih kesuksesan , baik di level nasional maupun internasional serta mengalami.perkembangan yang pesat. Pada 2021 lalu, PB ESI sukses menyelenggarakan pertandingan eksibisi esports pada PON XX di Papua. Pada tahun yang sama juga pada SEA Games 2021 di Vietnam, E-sports Indonesia berhasil meraih enam medali, yakni dua medali emas, tiga perak dan satu medali perunggu