Nias Selatan,   Deliknews – Kepala Desa Anaoma, Kecamatan Hilisalawa’ahe, Kabupaten Nias Selatan, Efori Halawa bersama 2 (dua) orang Perangkat Desa, yakni : Sekretaris Desa, Agustinus Ndruru dan KAUR Keuangan, Theonata Hia  memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Selasa (24/01/2022).

Hal ini disampaikan oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Hironimus Tafonao, S.H., M.H, kepada awak Media ini, Rabu (20/01/2023). Ia menyampaikan bahwa ketiganya datang ke Kantor Kejaksaan Negeri Nias Selatan untuk memenuhi panggilan yang telah dilayangkan minggu lalu.

“Mereka sudah dipanggil untuk memberikan klarifikasi dan membawa berkas-berkas terkait laporan atau pengaduan masyarakat (Dumas) Desa Anaoma yang telah diterima oleh kami beberapa waktu lalu,” ungkap Hironimus Tafonao.

Dari penuturan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Kepala Desa dan dua Perangkat Desa Anaoma diperiksa di Kantor Kejari Kabupaten Nias Selatan, dari pukul 14.00 hingga pukul 19.00 malam.  Dan berhubung Karena data-data yang diminta belum dilengkapi oleh Kepala Desa Anaoma, maka mereka diminta untuk melengkapinya dan membawanya kembali minggu depan.

“Kita telah meminta mereka untuk datang minggu depan, dengan membawa berkas secara lengkap. Kita juga akan segera memanggil Tim Pelaksana Kerja Desa Anaoma guna memberikan klarifikasi,” tandas Kasi Intel Hironimus Tafonao menambahkan.

Sebelumnya masyarakat Desa Anaoma yang diwakili oleh empat orang warga, telah memberikan laporan di Kantor Kejari Kabupaten Nias Selatan secara tertulis yang disertai dengan beberapa dokumen. Dalam laporan tersebut, disebutkan adanya dugaan penyelewengan dana desa yang dilakukan oleh Kepala Desa Efori Halawa (SBR)