Jakarta (deliknews.com) – Striker timnas Kirgiztan, Joel Kojo, mendadak jadi perhatian netizen Indonesia. Ia bak pahlawan setelah mencetak sebuah gol Kamis (25/1/2024) guna menahan imbang Oman sehingga Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar.

Para pengikut atau followers akun Instagram pemain berdarah Ghana ini langsung melonjak drastis. Hingga Jumat (26/1/2024) pagi, akun IG @kojo_joel_10 mendapatkan 73.500 followers. Angka ini berarti naik tiga kali lipat dalam waktu kurang dari 24 jam.

Seusai pertandingan antara Oman vs Kirgiztan, netizen mencari akun pribadi pemain berambut kriwil tersebut. Ketika ditemukan Kamis malam, jumlah followers masih di angka 22.900.

“Titik kordinat pemberian ucapan terimakasih sudah ditemukan. Mohon ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Joel Kojo yang telah menjadi pahlawan kita malam ini,” demikian unggahan akun X @The_RedsIndo yang menyertakan tangkapan layar akun Joel Kojo.

Netizen pun berbondong-bondong menjadi followers akun tersebut  dan urun komentar. Kebanyakan menyatakan terima kasih telah menyumbangkan gol Kirgiztan untuk Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Seperti diberitakan, hasil pertandingan Oman vs Kirgiztan di Piala Asia 2023 adalah satu-satunya harapan Indonesia untuk lolos ke perdelapan final. Pasalnya, satu-satunya tiket ke fase knock out yang tersisa diperbutkan oleh Indonesia, Oman, dan Kirgiztan.

Indonesia bakal tersingkir apabila Oman mengalahkan Kirgiztan. Sebaliknya, apabila Oman kalah atau seri maka Indonesia yang melenggang. Sedangkan Kirgiztan pun bisa juga maju ke babak 16 besar meninggalkan Indonesia apabila mampu menggulingkan Oman dengan selisih gol 2 atau lebih.

Di sinilah peran Kirgiztan yang akhirnya bermain sesuai harapan publik Tanah Air, yakni menahan imbang Oman 1-1.

Dalam laga tersebut Kirgiztan ketinggalan sejak menit kedelapan. Gol balasan baru tercipta pada menit ke-80. Joel Kojo adalah sosok pencetak gol satu-satunya Kirgiztan sehingga ia dianggap pahlawan oleh netizen Indonesia.

Berkat hasil imbang Oman vs Kirgiztan, timnas Indonesia mencetak sejarah di Piala Asia. Untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan di Piala Asia, skuad Merah Putih lolos ke fase gugur.