Surabaya (deliknews.com) – Noda minyak di dinding dapur membuat penampilan rumah menjadi kusam dan kurang menarik. Noda minyak merupakan salah satu yang sulit dibersihkan.

Namun, ada cara mudah menghilangkan noda minyak di dinding rumah. Berikut tipsefektif untuk membersihkan noda minyak di dinding.

Anda bisa menghilangkan noda minyak di dinding rumah dengan sabun pencuci piring. Caranya cukup mudah, campur air hangat dengan sedikit sabun pencuci piring di dalam wadah. Lalu basahi kain bersih dengan larutan tersebut, kemudian gosok perlahan bagian dinding yang terkena noda minyak. Bilas dengan air bersih dan lap kering dengan kain bersih.

Jika noda minyak sudah menempel kuat, Anda dapat membuat larutan dengan mencampurkan baking soda dan sedikit air sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada noda minyak dan biarkan selama beberapa menit. Lalu, gosok perlahan dengan sikat atau spons, kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi air.

Cuka yang selama ini digunakan untuk campuran masakan bisa juga membersihkan noda minyak di dinding. Caranya, campurkan cuka dengan air dalam perbandingan 1:1. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan noda minyak dengan kain bersih atau spons. Setelah dibersihkan, bilas dengan air dan keringkan dengan kain.

Untuk mencegah terjadinya noda minyak di dinding, sebaiknya pasang pelindung di area dapur atau di sekitar kompor. Bersihkan noda minyak segera agar tidak menempel dan mudah dihilangkan.