Yogyakarta (deliknews.com) – Soto merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Salah satunya di kota Yogyakarta, terdapat kuliner soto unik dengan nama soto sampah.

Soto sampah pada awalnya dikenal masyarakat dengan sebutan soto simak atau soto becak. Hal tersebut lantaran, dahulu pelanggannya adalah para tukang becak. Sampai pada pada 2009, soto ini semakin terkenal di kalangan pecinta kuliner. Sejak saat itulah, nama makanan ini berubah menjadi soto sampah.

Nama soto yang unik berasal dari tampilannya yang berantakan, seperti sampah. Penamaan tersebut membuat makanan  satu ini semakin dikenal masyarakat hingga luar kota. Kesan nama yang aneh membuat orang penasaran, hingga soto ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

“Soto sampah berdiri sejak 1970. Kenapa dinamakan soto sampah?  karena di kuahnya banyak rempah-rempahnya,” kata pengelola Soto Sampah, Supar dilansir dari beritasatu, (3/2/2024).

Satu porsi soto sampah berisi bihun, taoge, irisan kol, daging ayam, dan siraman kuah soto yang bergajih. Meskipun tampilan soto ini terkesan acak-acakan, tetapi rasanya tetap boleh diadu dengan soto lainnya.

Umumnya, kuah soto yang bening memiliki cita rasa rempah yang autentik. Aroma khas kuah soto ditambah perpaduan gajih menggugah selera lidah. Ditambah juga ada berbagai lauk pendamping, seperti perkedel, sate usus, ati ampela, bakwan, telur, dan  tempe dan tahu goreng.

“Enak gurih, asinnya pas, bukan santan, tetapi soto bening, sambalnya juga enak, harganya terjangkau untuk mahasiswa,” ungkap pengunjung Soto Sampah, Erfika dan Yumna.

Soto Sampah berlokasi di Jalan Kranggan nomor 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Warung soto ini tepatnya berada di pinggir jalan di utara tugu Yogyakarta.

Soto sampah ini buka mulai dari 07.00 hingga 03.00 WIB pagi. Soto ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 10.000 per porsi. Sedangkan untuk  minumannya, dibanderol mulai Rp 3.000, kemudian aneka lauk pendamping dihargai mulai Rp 1.000.

Bagi pecinta kuliner, soto ini menjadi pilihan yang tepat. Rasa nikmat dan harga terjangkau akan membuat ketagihan kembali untuk mencicipi kuliner satu ini.