Den Haag (deliknews.com) – Polisi Eropa berhasil menangkap 59 orang yang diduga berpartisipasi dan mengoperasikan jaringan perdagangan narkoba yang berbasis di Albania dan Italia.

Para tersangka itu ditangkap di Albania, Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol pada hari Senin (05/02) dan Selasa (06/02), di mana 10 orang lainnya juga terkena tindak penyelidikan hal lain di Italia.

“Jaringan ini utamanya menyelundupkan heroin, kokain, serta ganja ke Jerman dan Spanyol dengan menggunakan mobil-mobil yang memiliki kompartemen rahasia,” ujar badan peradilan Eropa, Eurojust.

Penyelidikan terhadap kelompok kejahatan terorganisir (OCG) ini telah dimulai sejak tahun 2019 oleh Kantor Kejaksaan Umum Florence dengan Eurojust dan Euopol, yang memfasilitasi kerja sama antar otoritas kepolisian di seluruh Eropa.

Pada bulan Desember 2023, Eropa berhasil menyita 11 ton kokain di Spanyol, yang diimpor oleh sindikat kejahatan terorganisir di Albania dengan 20 tersangka berhasil ditangkap dalam sebuah penggerebekan.

Polisi Spanyol juga berkomentar pada saat itu bahwa “kartel Balkan” yang sebagian besar terdiri dari kelompok mafia Albania ikut bertanggung jawab, dan kelompok itu juga dipercaya telah memonopoli pengiriman narkoba di seluruh Eropa dan Amerika Latin.