Raih Kesempatan Jadi Generasi Muda Unggul Melalui Program AMN di Manado

- Tim

Senin, 1 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Raih Kesempatan Jadi Generasi Muda Unggul Melalui Program AMN di Manado

Oleh : Henly Kaunang

Generasi muda, khususnya mahasiswa merupakan kunci sukses untuk memajukan bangsa. Oleh karenanya, seluruh mahasiswa dari berbagai wilayah hingga pelosok Nusantara mampu meraih kesempatan yang sama untuk menjadi generasi muda yang unggul melalui program Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemajuan sebuah bangsa hanya dapat direalisasikan melalui proses pembangunan yang tepat, sedangkan dalam proses pembangunan tersebut jelas harus diiringi dengan pemenuhan rasa keadilan yang bisa diterima oleh berbagai kalangan latar belakang tanpa membedakan sedikitpun.

Dalam hal ini, Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menginisiasi pembangunan dan program AMN di beberapa wilayah, yakni yang pertama adalah di Kota Pahlawan Surabaya dan yang kedua di Manado, yang mana nantinya AMN akan terus dilanjutkan di berbagai kota lainnya di Tanah Air.

Pembangunan dan pemberlakuan program AMN tersebut oleh BIN bertujuan untuk salah satunya adalah mewujudkan prinsip keadilan dalam upaya peningkatan sektor pendidikan, khususnya bagi para pemuda atau pada kalangan mahasiswa di seluruh pelosok nusantara dengan tanpa memandang dan membedakan latar belakang sama sekali.

Karena jika pembangunan terus dilakukan namun tanpa adanya prinsip rasa keadilan di dalamnya, maka sama saja akan tetap menimbulkan ketimpangan, sedangkan jika meski terjadi keadilan akan tetapi tidak ditunjang dengan pembangunan, jelas tidak akan mungkin mampu menciptakan sebuah kemajuan bangsa.

Pada hakikatnya, seluruh pemuda penerus generasi bangsa termasuk dari berbagai macam wilayah bahkan hingga pelosok Nusantara memiliki hak yang sama untuk bisa merasakan bagaimana peningkatan kualitas pendidikan dengan fasilitas yang memadai demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda tersebut.

Program AMN Inisiasi BIN Upaya Ciptakan Visi Generasi Muda Unggul

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili oleh Sekretaris Provinsi Sulut Steve Kepel berharap agar pembangunan Gedung AMN di Manado tersebut mampu memberikan andil yang sangat positif bagi pembangunan dan pengembangan kualitas SDM muda di Provinsi Sulawesi Utara.

Baginya, pembangunan gedung AMN yang diinisiasi oleh BIN tersebut bukan hanya sekedar pembangunan dalam pekerjaan fisik saja, melainkan juga menjadi simbol bagaimana kuatnya komitmen BIN untuk mendukung penuh peningkatan kualitas SDM muda.

Tentunya melalui pembangunan dan program AMN tersebut, maka bisa menciptakan sebuah lingkungan yang sangat kondusif bagi seluruh mahasiswa bahkan dari berbagai macam daerah di pelosok Nusantara agar mereka bisa belajar dan berkreasi serta berkolaborasi.

Dengan adanya langkah itu, maka perkembangan secara signifikan akan terjadi, yakni dalam mendukung visi bersama untuk menciptakan generasi muda yang unggul serta siap bersaing bukan hanya pada taraf nasional saja, bahkan hingga di kancah internasional.

Adanya Generasi Muda Unggul dalam Program AMN Kunci Sukses Kemajuan Bangsa

Para generasi muda yang unggul, yakni mereka juga menerapkan atau memegang teguh seluruh prinsip dalam nilai falsafah dasar negara Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya, serta para generasi muda yang sehat dan cerdas merupakan modal yang sangat penting untuk pembangunan SDM unggul di Indonesia, yang mana seluruhnya terus digembleng dalam program AMN inisiasi BIN untuk memajukan bangsa ini.

Maka dari itu, adanya anak-anak muda yang berkompeten memang sangat wajib untuk dimiliki oleh suatu bangsa, selain itu hal tersebut memang harus terus diupayakan oleh negara ini. Salah satunya yakni dengan berbagai macam program, seperti halnya Asrama Muda Nusantara.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa generasi muda yang menerapkan dan memegang teguh prinsip Pancasila merupakan sebuah bekal untuk bisa menggapai cita-cita mereka di masa depan.
Sekarang dengan adanya program AMN tersebut, maka sudah tidak ada lagi batasan bagi para generasi muda penerus bangsa untuk bisa bermimpi bahkan setinggi mungkin. Pembelajaran yang baik sejatinya merupakan sebuah pembelajaran yang mampu memerdekakan manusia, dalam artian, belajar harus juga disertai dengan raga yang bebas serta jiwa yang bahagia.

Belajar harusnya merupakan sebuah aktivitas yang mampu dipandang penuh akan kebahagiaan, kenyamanan, keamanan dan dipenuhi pula dengan antusias sangat tinggi oleh para pelajar atau mahasiswa, yang mana seluruhnya akan didapatkan oleh mereka jika mengikuti program AMN.

Dalam program AMN tersebut, para generasi muda penerus bangsa itu akan banyak mendapatkan motivasi diri dengan banyak hal baik, kemudian mereka semua juga terus digali bakat serta minatnya masing-masing.

Pasalnya, para pemuda itu di masa depan dituntut untuk bisa bekerja dalam sebuah kelompok, termasuk juga menjalin interaksi dengan banyak orang dengan latar belakang yang saling beragam. Untuk itu, mereka harus sejak sedini mungkin dididik agar terus mengembangkan nilai gotong royong dan nilai kebhinnekaan.

Kesempatan untuk bisa menjadi generasi muda yang unggul sangat terbuka lebar melalui program AMN yang diinisiasi oleh BIN. Oleh karena itu, masyarakat khususnya diminta untuk berpartisipasi aktif dalam program tersebut agar bibit-bibit unggulan bangsa ini dapat terus lahir untuk melanjutkan estafet kepemimpinan.

)* Penulis adalah alumni Universitas Prisma.

Berita Terkait

PDIP Klungkung Ngegas Dukung Koster-Ace, Karangasem Siap Konsolidasi
Pentingnya Rekonsiliasi Politik Jaga Situasi Nasional Tetap Stabil
Mengapresiasi Upaya Pemerintah Selenggarakan Mudik Lebaran 2024
Wujudkan Hilirisasi Produk Lokal Aceh, Program AMANAH Mampu Atasi Resesi Ekonomi
Apresiasi Peran Tokoh Agama Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Pasca Pemilu
Bupati Simon Membawa Kabar Gembira
Berapa Banyak Kuota CPNS dan PPPK 2024, Diperjuangkan Bupati Malaka Dipusat
Mengapresiasi Apkam Antisipasi Manuver KST Papua Saat Idul Fitri 1445 H

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 11:46 WIB

PDIP Klungkung Ngegas Dukung Koster-Ace, Karangasem Siap Konsolidasi

Kamis, 11 April 2024 - 22:31 WIB

Pentingnya Rekonsiliasi Politik Jaga Situasi Nasional Tetap Stabil

Kamis, 11 April 2024 - 22:10 WIB

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Selenggarakan Mudik Lebaran 2024

Kamis, 11 April 2024 - 22:01 WIB

Wujudkan Hilirisasi Produk Lokal Aceh, Program AMANAH Mampu Atasi Resesi Ekonomi

Kamis, 11 April 2024 - 19:18 WIB

Bupati Simon Membawa Kabar Gembira

Kamis, 11 April 2024 - 11:46 WIB

Berapa Banyak Kuota CPNS dan PPPK 2024, Diperjuangkan Bupati Malaka Dipusat

Rabu, 10 April 2024 - 23:33 WIB

Mengapresiasi Apkam Antisipasi Manuver KST Papua Saat Idul Fitri 1445 H

Rabu, 10 April 2024 - 20:03 WIB

Miliki Fasilitas Lengkap, AMN Manado Membutuhkan Dukungan Pemuda

Berita Terbaru